Pendampingan Pembuatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Diwek Jombang

Authors

  • khoirul umam FAI Unhasy
  • Sholihul Anshori Universitas Hasyim Asy'ari

Keywords:

Pembuatan PTK, Guru Mapel Aqidah Akhlaq, MI Kecamatan Diwek

Abstract

Setiap proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru pasti tidak lepas dari berbagai masalah yang dihadapi. Masalah tersebut bukan hanya menjadi catatan belaka tetapi perlu dan harus dicarikan solusinya. Contoh masalah yang dihadapi guru diantaranya, siswa belum bisa membaca, menulis, sulit menghafal, sulit memahami pelajaran dan lain sebagainya. Masalah ini semestinya sesegera mungkin untuk diselesaikan, namun terkadang masalah seperti ini bahkan hanya menjadi catatan harian belaka bagi seorang guru.

Banyak keterampilan guru dalam menangani masalah tersebut termasuk dibuktikan dengan pemahaman guru dalam melakukan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas merupakan penelitian yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran sehingga hasil belajar menjadi semakin meningkat. Kendati demikian tidak banyak guru yang mau dan dapat melakukan penelitian tindakan kelas tersebut.

Dalam pembuatan penelitian tindakan kelas perlu pendampingan bagi guru madrasah ibtidaiyah mata pelajaran aqidah akhlaq di Kecamatan Diwek ini bertujuan agar guru memiliki keterampilan dalam menyelesaikan permasalahan dalam proses pembelajaran terkhusus dengan menggunakan penelitian tindakan kelas. Pendampingan ini mengarahkan dan mengantarkan guru agar dapat terampil dan pada akhirnya dapat mandiri dalam melakukan penelitian tindakan kelas. Tentu perlu adanya pendampingan secara berkelanjutan.

             Simpulan dan hasil dari kegiatan PKM ini adalah Pertama, Penelitian Tindakan Kelas sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, karena dengan PTK guru akan senantiasa mengetahui terhadap masalah-masalah yang muncul dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru.Kedua, Pentingnya latihan sebagai proses dalam mengantarkan agar guru dapat mandiri setelah guru mahir tentang PTK, karena pembiasaan ini akan sangat meringankan tugas guru dalam menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran. Ketiga, meskipun PTK merupakan penelitian sederhana namun perlu dilakukan oleh guru agar dapat mengukur tercapainya tujuan pembelajaran yang sudah direncanakan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-21

How to Cite

umam, khoirul, & Anshori, S. (2023). Pendampingan Pembuatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Diwek Jombang. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 7, 226–231. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/5028