Peningkatan Keterampilan Mahasiswa Dalam Mengajar Siswa Sd Melalui Pembelajaran Problem Based Learning

Authors

  • Claudya Zahrani Universitas Hasyim Asy'ari
  • Ratih Asmarani Universitas Hasyim Asy'ari
  • Muhammad Nuruddin Universitas Hasyim Asy'ari
  • Hawwin Fitra Raharja Universitas Hasyim Asy'ari

Keywords:

peningkatan, keterampilan mahasiswa, problem based learning

Abstract

Penelitian dengan judul Peningkatan Ketrampilan Mahasiswa dalam Mengajar Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Problem Based Learning di Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang dilakukan dengan merujuk pada jenis penelitian action research atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil pelaksanaan penelitian menunjukkan terdapat dua siklus yang dilakukan oleh peneliti. Pada setiap siklus melalui beberapa tahapan yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, serta refleksi. Hasil penelitian tentang keterampilan mengajar mahasiswa kelas IVB PGSD FIP UNHASY terdapat peningkatan, Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan persentase ketuntasan keterampilan mengajar mahasiswa meningkat dari 35% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning membantu mahasiswa dalam menampilkan serta mengasah keterampilan mengajar mahasiswa. Dengan adanya permasalahan secara real yang diberikan kepada mahasiswa maka dapat menjadi dorongan serta semangat mahasiswa dalam menciptakan keterampilan dalam proses belajar mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-27

How to Cite

Zahrani, C., Asmarani, R., Nuruddin, M., & Raharja, H. F. (2023). Peningkatan Keterampilan Mahasiswa Dalam Mengajar Siswa Sd Melalui Pembelajaran Problem Based Learning . Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 7, 170–174. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/5027