Analisis Instrumen Penilaian Berbasis Ethnic-Math Hots Pada Matakuliah Matematika Dasar

Authors

  • Novia Dwi Rahmawati Universitas Negeri Semarang
  • Siti Faizah

Keywords:

Ethnic-Math HOTS, Instrumen, Matematika Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas instrument penilaian berbasis ethnic-Math HOTS berdasarkan analisis kualitatif dan kuantitatif. Adapun jenis penelitian merupakan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 9 mahasiswa pendidikan matematika. Instrumen penelitian berupa lembar telaah soal dan 4 soal esay berbasis ethnic-math HOTS berdasarkan taksonomi bloom. Telaah secara kualitatif meliputi aspek isi/materi, kontruksi, serta Bahasa. Aspek yang di telaah secara kuantitatif meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis butir soal mencapai kriteria valid secara kualitatif. Sedangkan  analisis secara kuantitas diperoleh bahwa 4 soal dengan kategori kevalidan tinggi. Daya pembeda pada soal masuk kategori sangat baik. Dstribusi tingkat kesukaran sedang. Instrumen penilaian berbasis ethnic-Math HOTS ini dapat diterapkan sebagai alat evaluasi dalam mebiasakan mahasiswa berpikir tingkat tinggi. Instrumen penilaian berbasis ethnic-Math HOTS ini dapat diterapkan sebagai alat evaluasi dalam mebiasakan mahasiswa berpikir tingkat tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-27

How to Cite

Dwi Rahmawati, N., & Faizah, S. (2023). Analisis Instrumen Penilaian Berbasis Ethnic-Math Hots Pada Matakuliah Matematika Dasar. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 7, 182–186. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/5020