Analisis Instrumen Penilaian Berbasis Ethnic-Math Hots Pada Matakuliah Matematika Dasar
Keywords:
Ethnic-Math HOTS, Instrumen, Matematika DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas instrument penilaian berbasis ethnic-Math HOTS berdasarkan analisis kualitatif dan kuantitatif. Adapun jenis penelitian merupakan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 9 mahasiswa pendidikan matematika. Instrumen penelitian berupa lembar telaah soal dan 4 soal esay berbasis ethnic-math HOTS berdasarkan taksonomi bloom. Telaah secara kualitatif meliputi aspek isi/materi, kontruksi, serta Bahasa. Aspek yang di telaah secara kuantitatif meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis butir soal mencapai kriteria valid secara kualitatif. Sedangkan analisis secara kuantitas diperoleh bahwa 4 soal dengan kategori kevalidan tinggi. Daya pembeda pada soal masuk kategori sangat baik. Dstribusi tingkat kesukaran sedang. Instrumen penilaian berbasis ethnic-Math HOTS ini dapat diterapkan sebagai alat evaluasi dalam mebiasakan mahasiswa berpikir tingkat tinggi. Instrumen penilaian berbasis ethnic-Math HOTS ini dapat diterapkan sebagai alat evaluasi dalam mebiasakan mahasiswa berpikir tingkat tinggi.