Pengaruh Brand Image dan Promosi Sekolah terhadap Keputusan Memilih Sekolah: Analisis Validitas dan Reliabilitas Instrumen
Keywords:
brand image, promosi, keputusan memilih sekolahAbstract
Artikel penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bukti empirik tentang uji validitas dan reliabilitas instrumen brand image dan promosi terhadap keputusan dalam memilih lembaga dengan menggunakan analisis uji Korelasi Product Moment dan Cronbach’s Alpha. Studi survei telah dilaksanakan terhadap 30 orang tua murid untuk mengetahui hasil daripada uji validitas dan reliabilitas. Uji validitas instrumen diukur dengan menggunakan formula Korelasi Product Moment yang dikembangkan oleh Pearson. Sedangkan uji reliabilitas dengan menggunakan formula Cronbach’s Alpha. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa 53 item yang dikembangkan, ada 53 item yang valid, dengan nilai rhitung ≥ rtabel. Selain itu juga nilai sig. α ≤ 0,05. Sedangkan hasil uji reliabilitas dikenakan pada 53 item yang valid, menunjukkan bahwa r alpha dari ketiga variabel adalah nilai r alpha > rtabel = 0,486. Sehingga disimpulkan bahwa instrumen tersebut reliabel. Oleh karena itu, instrumen untuk mengukur pengaruh brand image dan promosi terhadap keputusan dalam memilih sekolah dapat digunakan.