Pengaruh Brand Image dan Promosi Sekolah terhadap Keputusan Memilih Sekolah: Analisis Validitas dan Reliabilitas Instrumen

Authors

  • Suwandi Suwandi Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Agama Islam Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Lukman Hakim Universitas Hasyim Asy'ari
  • Abdullah Aminuddin Aziz Universitas Hasyim Asy'ari
  • Erika Mei Budiarti Universitas Hasyim Asy'ari
  • Farina Fikria Aulia Universitas Hasyim Asy'ari
  • Izza Nur Alawiyah Universitas Hasyim Asy'ari

Keywords:

brand image, promosi, keputusan memilih sekolah

Abstract

Artikel penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bukti empirik tentang uji validitas dan reliabilitas instrumen brand image dan promosi terhadap keputusan dalam memilih lembaga dengan menggunakan analisis uji Korelasi Product Moment dan Cronbach’s Alpha. Studi survei telah dilaksanakan terhadap 30 orang tua murid untuk mengetahui hasil daripada uji validitas dan reliabilitas. Uji validitas instrumen diukur dengan menggunakan formula Korelasi Product Moment yang dikembangkan oleh Pearson. Sedangkan uji reliabilitas dengan menggunakan formula Cronbach’s Alpha. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa 53 item yang dikembangkan, ada 53 item yang valid, dengan nilai rhitung ≥ rtabel. Selain itu juga nilai sig. α ≤ 0,05. Sedangkan hasil uji reliabilitas dikenakan pada 53 item yang valid, menunjukkan bahwa r alpha dari ketiga variabel adalah nilai r alpha > rtabel = 0,486. Sehingga disimpulkan bahwa instrumen tersebut reliabel. Oleh karena itu, instrumen untuk mengukur pengaruh brand image dan promosi terhadap keputusan dalam memilih sekolah dapat digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-25

How to Cite

Suwandi, S., Hakim, L., Aziz, A. A., Budiarti, E. M., Aulia, F. F., & Alawiyah, I. N. (2023). Pengaruh Brand Image dan Promosi Sekolah terhadap Keputusan Memilih Sekolah: Analisis Validitas dan Reliabilitas Instrumen. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 7, 71–80. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/5013