Perancangan Kartu Kuartet Sebagai Media Pembelajaran Moderasi Beragama Pada Siswa Madarsah Ibtidaiyah
Keywords:
Kartu Kuartet, Literasi Moderasi Beragama, SiswaAbstract
Moderasi Beragama adalah diskursus sosial keagamaan yang berkembang di Indonesia sebagai sebuah reaksi solutif atas persoalan ekstrimisme dan intoleransi dalam beragama di Negara Indonesia yang multikultural, multiagama, dan multietnis. Maka mempromosikan moderasi beragama di madrasah merupakan konsekuensi logis sebagai bentuk praktik pembelajaran melalui media pembelajaran berupa kartu kuartet literasi moderasi beragama. Tujuan penelitian ini adalah merancang kartu kuartet berbasis literasi moderasi beragama pada siswa madrasah ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan langkah- langkah pengembangan yang terdiri dari 2 tahap, tahap preeliminary dan tahap evaluasi formatif. Tahap preeliminary dimulai dari menganalisa kebutuhan pengguna, mengumpulkan informasi, membuat media. Tahap evaluasi formatif dalam penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap menvalidasi media dan merevisi. Validasi ahli media melibatkan 3 ahli yakni ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran. Perancangan media ini menghasilkan 32 kartu kuartet tentang literasi moderasi beragama dengan indikator toleransi, komitmen kabangsaan, nilai kemanusiaan, taat konstitusi, adil dan berimbang, tradisi lokal,dan anti kekerasan. Hasil validasi ahli terdiri dari Validator ahli materi 83%, validator media 94 %, validator pembelajaran 85%. Dari prosentasi tersebut dapat diketahui bahwa hasill uji media kartu kuartet literasi moderasi beragama menunjukkan hasil dnegan kriteria sangat layak dan dapat digunakan dalam pembelajaranan di madrasah ibtidaiyah.
Kata kunci: Kartu kuartet, Literasi moderasi beragama, Siswa