Manajemen Siswa Berbasis Budaya Madrasah Berkarakter di MTsN I Jombang

Authors

  • Nur 'Azah Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • Muhammad Al-Fatih Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • Asep Kurniawan Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang

Keywords:

Manajemen Siswa, Budaya Madrasah, Berkarakter

Abstract

Manajemen siswa salah satu komponen dasar pendidikan. Semua kegiatan pendidikan berpusat pada siswa sekaligus obyek proses pendidikan untuk peningkatan mutu lulusan. Oleh karena itu, menjadi pemegang manajerial lembaga pendidikan mulai dari penerimaan, pembinaan sampai lulus dalam mengembangkan potensi kognitif, afektif dan psikomotornya. Penelitian bertujuan: untuk menganalisis dan menemukan proses pengelolaan, pola pembinaan dan evaluasinya. Pendekatan kualitatif, jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dari Kepala madrasah, Waka kurikulum, Waka kesiswaan, Waka Humas, Waka Sapras serta panitia PPDB. Keabsahan data dikonfirmasi dengan hasil penelitian memanfaatkan triangulasi sebagai pengecekan keabsahan temuan.Hasil penelitian: 1. Pola penerimaan siswa berdasarkan: a. Kebijakan, b. Mengembangkan visi misi, c. Kebutuhan program, d. Operasional hasil analisis program, e. Schedule dan sistem. 2. Model pembinaan bertujuan: mengembangkan pola tingkah laku sesuai tahapan perkembangan dan berkarakter. 3. Evaluasi bentuk pembinaan peserta didik dengan pendekatan mastery learning dengan tes dan non tes dengan standar mutu lulusan melalui ujian akhir madrasah.
Kata Kunci: Manajemen Siswa, Budaya Madrasah, Berkarakter

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-16

How to Cite

'Azah, N., Al-Fatih, M., & Kurniawan, A. (2023). Manajemen Siswa Berbasis Budaya Madrasah Berkarakter di MTsN I Jombang. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 7, 24–30. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/4975