Analisis Pemahaman Guru Tentang ALGAMETA (Alat Peraga Metamorfosis) Berbantu QR Code di MI Al-Ittihad Jogoroto Jombang

Authors

  • Evita Widiyati Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • Asriana Kibtiyah
  • Ariga Bahrodin

Keywords:

Algameta, Media Digital, QR-Code

Abstract

Indonesia saat ini telah memasuki era teknologi yang berkembang sangat pesat dan berdampak terhadap bidang pendidikan. Dalam hal ini dibutuhkan pelatihan agar guru dapat memanfaatkan alat peraga dengan memanfaatkan teknologi seperti media digital. Salah satu alat peraga yang mengkombinasikan media dan juga media digital yaitu Algameta. Untuk memberikan pelatihan secara partisipatif yang menjadikan pendidik sebagai objek untuk mampu menggunakan media digital berupa QR-Code, maka pengabdi menggunakan metode PAR (Participatory Action Research). Pengabdi secara partisipatif akan memberikan pelatihan di MI Al-Ittihad dan melibatkan pendidik untuk mendorong perubahan proses belajar mengajar kearah yang kreatif, inovatif dan menyenangkan. Berdasarkan hasil pretest dan posttest yang telah dilaksanakan, dapat diketahui bahwa pengabdian berjalan dengan sukses. Hasil yang dicapai dari kegiatan ini berupa peningkatan kreativitas guru dalam melakukan inovasi pembelajaran terhadap alat peraga yang diimplementasikan dengan media digital serta peningkatan kemampuan guru dalam membuat Algameta berbantu media digital QR-Code.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-25

How to Cite

Widiyati, E., Kibtiyah, A., & Bahrodin, A. (2023). Analisis Pemahaman Guru Tentang ALGAMETA (Alat Peraga Metamorfosis) Berbantu QR Code di MI Al-Ittihad Jogoroto Jombang . Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 7, 244–249. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/4971