Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Pada Mahasiswa PBSI UNHASY Semester I Dalam Mata Kuliah Apresiasi Sastra Dengan Menggunakan Model Pedagogi Genre

Authors

Keywords:

model pembelajaran, pedagogi genre, menulis puisi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi  mahasiswa PBSI Semester I Universitas Hasyim Asy’ari  dengan menerapkan model pembelajaran genre pedagogi pada pembelajaran puisi. Metode yang digunakan adalah deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran pedagogi genre, proses dan hasil belajar puisi meningkat. Siswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam belajar, komunikatif,  scaffolding, dan  kemampuan menulis puisi meningkat. Nilai KKM  puisi 80, kesempurnaan klasikal 80%. Pada siklus sebelumnya nilai rata-rata siswa adalah 70 dan tingkat kelulusan 0%. Setelah penerapan model pedagogi genre pada Siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 78 atau setara dengan minimal 25% KKM. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa adalah 84, sama dengan atau lebih besar dari KKM 87%. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran pedagogi genre dapat meningkatkan proses belajar dan hasil  menulis puisi  mahasiswa PBSI.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-27

How to Cite

Shofiani, A., Setya Nugraha, A., Hafiidha Sari, R., & Hardinanto, E. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Pada Mahasiswa PBSI UNHASY Semester I Dalam Mata Kuliah Apresiasi Sastra Dengan Menggunakan Model Pedagogi Genre. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 7, 191–203. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/4966