Eksplorasi Experiental Marketing Dalam Keanekaragaman Produk Mengkreng Kediri
Keywords:
experiental marketing, klaster, keragaman produkAbstract
Mengkreng Kediri merupakan daerah dengan klaster UMKM oleh-oleh dari Pulau Jawa. Menjadi pusat pembeli untuk memperoleh oleh-oleh khas dari berbagai daerah di pulau Jawa. Experiental marketing dilakukan oleh penjual akibat keragaman produk yang mendukung pengalaman konsumen untuk merasakan, mengingat, dan berpikir melakukan pembelian kembali di klaster tersebut. Keragaman produk dalam klaster UMKM Mekreng Kediri sangat bervariatif, dalam kualitas dan kuantitas sehingga konsuemn tidak khawatir dalam mendapatkan produk. Terdapat 35 pelaku UMKM di Mengkreng Kediri sebagi responden aktif dalam penelitian ini. Menggunakan pendekaptan kualitatif deskriptif serta metode survei penelitian ini menghasilkan bahwa terdapat pengaruh experiental marketing terhadap keragaman produk.
Kata kunci: experiental marketing, klaster, keragaman produk