Analisis Hasil Pelaksanaan Mentoring Penulisan Laporan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Berbasis Participatory Action Research (Par) Di SDIT Ar Ruhul Jadid Jombang
Analisis Hasil Pelaksanaan Mentoring Penulisan Laporan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Berbasis Participatory Action Research (Par) Di SDIT Ar Ruhul Jadid Jombang
Keywords:
mentoring, penelitian berbasis kelas (PTK), karya ilmiah, participatory action research (PAR)Abstract
Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini yaitu dalam rangka memberikan pendampingan kepada para guru di lingkungan sekolah mitra terkait penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode yang digunakan oleh tim pengabdi yaitu berbasis Participatory Action Research (PAR). Tim pengabdi memlilih SDIT Ar Ruhul Jadid dikarenakan di lembaga mitra memiliki permasalahan yang riil terkait rendahnya minat dan pemahaman para guru untuk menyusun karya ilmiah berbasis PTK yang dibuktikan dengan rendahnya kualitas karya ilmiah yang diikutkan perlombaan tingkat Kabupaten. Sehingga pihak yayasan dan tim pengabdi merasa perlu untuk melakukan pendampingan di lembaga mitra. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test yang telah dilaksanakan, terdapat kenaikan mean sebesar 15.67 terkait pemahaman keseluruhan materi.