Analisis Hasil Pelaksanaan Mentoring Penulisan Laporan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Berbasis Participatory Action Research (Par) Di SDIT Ar Ruhul Jadid Jombang

Analisis Hasil Pelaksanaan Mentoring Penulisan Laporan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Berbasis Participatory Action Research (Par) Di SDIT Ar Ruhul Jadid Jombang

Authors

  • Erika Mei Budiarti Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Agama Islam Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • Suwandi Suwandi Manajamen Pendidikan Islam Fakultas Agama Islam, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Asep Kurniawan Manajamen Pendidikan Islam Fakultas Agama Islam, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Nur Annisa Universitas Hasyim Asy'ari
  • Avifahtur Nur Rohma Universitas Hasyim Asy'ari

Keywords:

mentoring, penelitian berbasis kelas (PTK), karya ilmiah, participatory action research (PAR)

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini yaitu dalam rangka memberikan pendampingan kepada para guru di lingkungan sekolah mitra terkait penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode yang digunakan oleh tim pengabdi yaitu berbasis Participatory Action Research (PAR). Tim pengabdi memlilih SDIT Ar Ruhul Jadid dikarenakan di lembaga mitra memiliki permasalahan yang riil terkait rendahnya minat  dan pemahaman para guru untuk menyusun karya ilmiah berbasis PTK yang dibuktikan dengan rendahnya kualitas karya ilmiah yang diikutkan perlombaan tingkat Kabupaten. Sehingga pihak yayasan dan tim pengabdi merasa perlu untuk melakukan pendampingan di lembaga mitra. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test yang telah dilaksanakan, terdapat kenaikan mean sebesar 15.67 terkait pemahaman keseluruhan materi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-20

How to Cite

Budiarti, E. M., Suwandi, S., Kurniawan, A., Annisa, N., & Rohma, A. N. (2023). Analisis Hasil Pelaksanaan Mentoring Penulisan Laporan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Berbasis Participatory Action Research (Par) Di SDIT Ar Ruhul Jadid Jombang: Analisis Hasil Pelaksanaan Mentoring Penulisan Laporan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Berbasis Participatory Action Research (Par) Di SDIT Ar Ruhul Jadid Jombang. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 7, 218–225. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/4952