Peningkatan Maharoh Al-Kitabah Siswa Melalui Implementasi TGT Berbasis QR-Code

Authors

  • Chusnia Rahmawati Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • Lailatul Qomariyah Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • Muhammad Fatkhur Rizal Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng

Keywords:

Maharoh Al-Kitabah, Team Games Tournament (TGT), QR-Code

Abstract

Keterampilan menulis bahasa Arab atau yang dikenal dengan Maharoh Al-Kitabah adalah sebuah keterampilan yang membutuhkan beberapa kemampuan siswa secara berkesinambungan dimulai dengan keterampilam menyampaikan sebuah ide gagasan menjadi sebuah kata dan kalimat sederhana hingga paragraf serta menerjemahkan ide atau pemikiran dari bahasa ibu (Indonesia) ke bahasa kedua atau bahasa Arab. Tidak mudah dalam mengimplementasikan keterampilan menulis Arab oleh karena itu peneliti melakukan penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu seberapa efektif penggunaan Team Games Tournament berbasis Quick Respond Code dalam pembelajaran Bahasa Arab khususnya pada maharoh Al-Kitabah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi perubahan antusiasiasme peserta didik dalam kegiatan belajar dan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam Maharoh Al-Kitabah dengan capaian nilai 73.68% yang mendapatkan nilai diatas KKM setelah kegiatan.

 Kata kunci: Maharoh Al-Kitabah, Team Games Tournament (TGT), QR-Code

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-11-05 — Updated on 2024-06-03

Versions

How to Cite

Rahmawati, C., Qomariyah, L., & Rizal, M. F. (2024). Peningkatan Maharoh Al-Kitabah Siswa Melalui Implementasi TGT Berbasis QR-Code. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 7, 212–217. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/4950 (Original work published November 5, 2023)