Implementasi Konsep Psikologi Pendidikan Pada Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan Dasar

Authors

  • Asriana Kibtiyah Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • Evita Widiyati Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • Imam Sofyan Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • Rheda Merlynna Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang

Keywords:

Psikologi Pendidikan, Pendidikan Karakter, Satuan Pendidikan Dasar

Abstract

Tidak banyak sekolah yang memperhatikan program sekolah, khususnya Pendidikan karakter agar selaras dengan konsep keilmuan psikologi Pendidikan sebagaimana ditemukan pada SDAS dan SDMI. Kedua sekolah ini sejak didirikan telah menjadikan Pendidikan karakter sebagai tolok-ukur keberhasilan Pendidikan bagi lulusannya. Psikologi Pendidikan yang merupakan cabang keilmuan Psikologi, sangat dibutuhkan di sekolah-sekolah, dari jenjang Pendidikan anak usia dini hingga perguruan tinggi, karena dunia Pendidikan tidak lepas dari perkembangan manusia dari waktu ke waktu.

Di sisi lain, Pendidikan karakter yang menjadi muatan utama dalam Pendidikan dirasakan mulai mengalami pergeseran yang serius. Hal ini ditampakkan pada kasus-kasus kekerasan dan asusila yang terjadi di lingkungan Pendidikan. Maka menjadi semakin penting dan mendesak apabila semua sekolah di semua jenjang Pendidikan mulai memperbaiki diri dan menertibkan kembali aturan penyelenggaraannya. Akhirnya, sekolah bukanlah tempat untuk memintarkan saja tetapi juga agar manusia tetap menjadi manusia yang berkarakter.

Kata kunci: Psikologi Pendidikan, Pendidikan Karakter, Satuan Pendidikan Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-16

How to Cite

Kibtiyah, A., Widiyati, E., Sofyan, I., & Merlynna, R. (2023). Implementasi Konsep Psikologi Pendidikan Pada Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan Dasar. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 7, 1–9. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/4946