Kemampuan Menyusun RPP Calon Guru IPA
Keywords:
RPP, Guru, Standar ProsesAbstract
Saat akan mengajar seorang guru harus menyiapkan RPP. RPP berperan pokok sebagai penunjuk jalan guru dalam melaksanakan tugasnya mengajar dan membantu kebutuhan peserta didik dalam belajar di kelas. Tujuan penelitian ini adalah keterampilan calon guru IPA dalam menyusun RPP. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Data penelitian berupa resitasi atau tugas menyusun RPP dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar penilaian RPP. Hasil penelitian menunjukkan calon guru IPA dalam menyusun RPP awal diperoleh rata-rata 78 dengan kategori baik namun masih perlu peningkatan dalam menyusun RPP khususnya dalam merumuskan indikator dan tujuan pembelajaran serta kegiatan pembelajaran. Selanjutnya calon guru merevisi RPP awal sehingga diperoleh rata-rata 82 dengan kategori baik. Perolehan signifikansi RPP awal dan RPP adalah 0,001 < 0,05 yang menyatakan ada perbedaan rata-rata antara hasil penyusunan RPP awal dengan penyusunan RPP revisi sehingga kemampuan calon guru IPA dalam menyusun RPP dalam kategori baik.