Representasi Personal Branding Islamic Social Media Influencer

Authors

  • Sayidah Afyatul Masruroh Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • Robi'ah Machtumah Malayati Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • Moh Slamet Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang

Keywords:

Personal Branding, Islamic Media Social Influencer

Abstract

Penggunaan media social yang cukup signifikan pada masyarakat Indonesia memberikan peluang bagi da’I untuk menjangkau cyberspace melalui media social yang banyak digandrungi para remaja, seperti instagram dan tiktok. Termasuk influencer muda Hudzaifah Aslam Mubarok atau yang dikenal dengan Zai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan strategi personal branding Hudzaifah Aslam Mubarok sebagai Islamic social media influencer melalui analisis semiotic pada symbol atau tanda yang terdapat dalam konten akun media sosialnya. Adapun hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa personal branding yang ditampilkan oleh akun TikTok @hudzaa tersebut mampu membangun citra personal branding yang kuat dan konsisten melalui sikap, pengetahuan, dan interaksinya di media social yang berupa ketulusan dan ramah, kedalaman spiritual dan keagamaan, kemampuan beradaptasi dan fleksibilitas, pentingnya interaksi sosial dan keterlibatan media sosial, sikap berbudi pekerti dan kesederhanaan serta keterbukaan, keterlibatan, dan kemampuan edukatif.

Kata kunci: Personal Branding, Islamic social media influencer

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-16

How to Cite

Masruroh, S. A., Malayati, R. M., & Slamet, M. (2023). Representasi Personal Branding Islamic Social Media Influencer. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 7, 10–16. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/4928