Analisis Hasil Belajar Praktikum Fisika Dasar Menggunakan Media Pembelajaran PHET Simulasi

Authors

  • Nur Muflihah Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • Fatma Ayu Nuning Farida Afiatna Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • Sumarsono Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang

Keywords:

PhET simulasi, Fisika, Virtual Praktikum

Abstract

Ketersediaan fasilitas atau media praktikum memiliki peran penting dalam pelaksanaanya, namun hal ini menjadi kendala bagi mahasiswa program studi Teknik Industri Unhasy, sehingga diperlukan suatu alternatif media pembelajaran praktikum secara tepat. Media PhET dapat diterapkan sebagai solusi untuk permasalahan ini. Aplikasi PhET ini bertujuan untuk mempermudah proses pembelajaran bagi mahasiswa, khususnya dalam pelaksanaan praktikum. PhET juga berfungsi untuk membuat konten lebih mudah dipelajari, terutama bila konten tersebut relevan dengan dunia nyata dan memerlukan pengalaman laboratorium. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji konsekuensi pembelajaran pelaksanaan praktikum dengan menggunakan simulasi PhET khususnya pada bab dinamika partikel fisika dasar. Berdasarkan data pre test dan post test terdapat peningkatan yang cukup nyata pada 2 kelas eksperimen yaitu kelas eksperimen 49% dan kelas control 51%, uji dilakukan dengan pertimbangan aspek kognitif. Sedangkan untuk aspek psikomotorik terjadi peningkatan baik kelas eksperimen maupun kelas control sebesar 50%

 Kata kunci: PhET simulasi, Fisika, Virtual Praktikum

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-11-10

How to Cite

Muflihah, N., Afiatna, F. A. N. F., & Sumarsono. (2023). Analisis Hasil Belajar Praktikum Fisika Dasar Menggunakan Media Pembelajaran PHET Simulasi. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 7, 143–147. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/4908