Pendampingan Produksi Konten Podcast Youtube Untuk Siswa MAS Nurul Qur’an Bendungrejo

Authors

  • Robi'ah Machtumah Malayati Universitas Hasyim Asy'ari, Tebuireng, Jombang
  • Sayidah Afyatul Masruroh Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng

Keywords:

kreativitas siswa, participatory action research (PAR), produksi podcast youtube

Abstract

Pendampingan ini bertujuan untuk pengembangan kreativitas siswa di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Nurul Quran Bendungrejo Jogoroto Jombang melalui produksi konten podcast YouTube. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menjadi relevan karena menjadi solusi dari beberapa kondisi mitra, diantaranya (1) minimnya penggunaan teknologi khususnya media sosial untuk kegiatan belajar siswa, (2) kegiatan ekstrakulikuler masih berpusat pada keagamaan saja, seperti seni qiroah, banjari, dan khitobah (3) minimnya pengembangan kreativitas untuk siswa berbasis teknologi media. Melalui pendekatan Participatory Action Research (PAR), mitra diajak bersama-sama untuk mengidentifikasi masalah sekaligus menemukan solusi dan merealisasikan bersama. Kegiatan pendampingan terdiri dari dua tahap utama, yaitu sharing & diskusi dan  pendampingan yang melibatkan mentorship. Hasilnya siswa mengasah kompetensinya dalam produksi audio-video, meningkatkan ketrampilan berbicara di depan umum, berkomunikasi, kepercayaan diri, serta kerjasama tim. Pendampingan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi siswa MAS Nurul Quran Bendungrejo dalam pengembangan kreativitas mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-25

How to Cite

Malayati, R. M., & Masruroh, S. A. (2023). Pendampingan Produksi Konten Podcast Youtube Untuk Siswa MAS Nurul Qur’an Bendungrejo. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 7, 232–238. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/4900