Tingkat Kepuasan Peserta Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Di Lingkungan SMP Negeri 1 Diwek
Keywords:
Penulisan, Artikel Ilmiah, Publikasi, WorkshopAbstract
Kemampuan menulis bagi guru menjadi tuntutan profesinya karena Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan menyabutkan bahwa guru perlu memiliki publikasi di jurnal nasional sebagai syarat pengajuan kepangkatan. Dalam pengembangan karirnya, guru wajib memenuhi syarat berupa penulisan karya ilmiah. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan guru dalam menyusun karya ilmiah sesuai dengan kaidah yang baku, sistematis, dan sesuai dengan template jurnal yang akan digunakan sebagai media publikasi. Pelatihan dilaksanakan secara luring di sekolah SMPN 1 Diwek. Metode kegiatan dalam pengabdian ini menggunakan metode ceramah yang meliputi: teknik presentasi, dilanjutkan dengan penugasan membuat artikel ilmiah guru kemudian ditutup dengan refleksi. Peserta dari kegiatan pengabdian berjumlah sebanyak 20 orang yang terdiri dari para guru di SMPN 1 Diwek. Setelah kegiatan pelatihan selesai dilaksanakan, semua peserta diminta untuk mengisi kuesioner penilaian pelatihan. Kuesioner ini bertujuan untuk melihat tingkat kepuasan peserta terhadap workshop penulisan artikel ilmiah. Indikator penilaian kuesioner terdiri atas tujuh indikator. Hasil pengisian kuesioner dari peserta setiap indikatornya menunjukkan tingkat kepuasaan berada pada rata-rata lebih dari 4,30. Maka dapat disimpulkan bahwa peserta merasa sangat puas dengan kegiatan workshop penulisan artikel ilmiah.