PENINGKATAN KEMAMPUAN DIGITALPRENEUR MELALUI LITERASI BISNIS DIGITAL DAN INOVASI BISNIS
Abstract
Abstrak
Perubahan yang terjadi dalam dunia bisnis, khususnya terkait digitalisasi dan pengembangan usaha perlu disesuaikan oleh para pelaku UMKM. Sesuai dengan kondisi yang dialami oleh para peserta pelatihan yang sebagian besar adalah UMKM, dimana semua produk yang dihasilkan harus dapat menyesuaikan dengan permintaan ekspor dan permintaan untuk melakukan digitalisasi baik dari segi pemasaran maupun kegiatan usahanya.Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan bisnis digital dan mampu melakukan inovasi usaha. Tahap pertama peningkatan literasi digital yaitu penyampaian pengetahuan, perilaku dan sikap dalam memanfaatkan bisnis digital. Tahapan selanjutnya dengan melakukan inovasi usaha. Hasil yang diharapkan tentunya dapat meningkatkan pemahaman tentang bisnis digital dengan memamfaatkan pemasaran digital yang ada dan mampu melakukan inovasi usaha sesuai dengan permintaan pasar.
Kata kunci: Kemampuan digitalpreneur, Literasi bisnis digital, Inovasi bisnis