DAKWAH ERA SOCIETY 5.0 (ANALISIS MODEL DAKWAH UST. HANAN ATTAKI, GUS MIFTAH DAN GUS BAHA’ PADA MEDIA SOSIAL YOUTUBE)
Abstract
Dakwah era ini dihadapkan pada dua tantangan besar, yakni era revolusi industry 4.0 yang muncul pada
decade terakhir hingga saat ini, dan era society 5.0 artikel ini berupaya mengupas bagaimana model
dakwah yang tepat dalam menghadapi era tersebut. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode netnografi. Hasil dari
penelitian ini yaitu, model dakwah yang dilakukan oleh ketiga tokoh tersebut kunci utamanya adalah
dengan mendalami dan memahami karakteristik mad’unya â€know your audienceâ€, sehingga metode
penyampaian dakwah dan teknik dakwah yang dilakukan juga berbeda sesuai karakter mad’u. Untuk
menghadapi tantangan dakwah di era society 5.0, dalam proses dakwah da’i sangat dianjurkan memiliki
kompetensi penunjang seperti cakap dalam literasi digital, cakap dalam pemecahan masalah-masalah
sosial, keterlibatan da’i dalam organisasi global dan lain sebagainya.