ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Authors

  • Andri Wahyu Wijayadi Universitas Hasyim Asy'ari
  • Lina Arifah Fitriyah Universitas Hasyim Asy'ari
  • Oktaffi Arinna Manasikana Universitas Hasyim Asy'ari

Abstract

Penelitian ini merupakan tahap awal dari penelitian dan pengembangan. Tujuan penelitian ini untuk
menganalisis kebutuhan pengembangan e-modul berbasis inkuiri untuk meningkatkan kemampuan
berpikir kritis mahasiswa Prodi Pendidikan IPA Unhasy Hasil penelitian ini sebagai bahan
pengembangan konten/isi dari produk yang akan dikembangkan sehingga dapat meningkatkan
kemampuan berpikir kritis mahasiswa prodi Pendidikan IPA.. Subjek penelitian adalah dosen dan
mahasiswa prodi pendidijkan IPA Unhasy. Instrumen pengumpul data berupa angket hasil
pengembangan oleh peneliti. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif berdasarkan hasil jawaban
angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa setiap dosen Prodi Pendidikan IPA telah memfasilitasi
mahasiswa dengan bahan ajar dan melakukan kegiatan praktikum untuk menunjang proses perkuliahan.
Perlu adanya penyesuaian strategi praktikum yang dilakukan agar dapat melatih kemampuan berpikir
kritis mahasiswa prodi Pendidikan IPA melalui strategi inkuiri dan memanfaatkan penggunaan teknologi
melalui bahan ajar yang berbentuk elektronik berupa e-modul.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-09-26

How to Cite

Andri Wahyu Wijayadi, Lina Arifah Fitriyah, & Oktaffi Arinna Manasikana. (2021). ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 5(1). Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/1886