METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN AL QUR’AN BERBASIS GERAKAN MADRASAH FURUDHUL AINIYYAH
Keywords:
Metode Ummi, Pembelajaran Al Qur’an, Madrasah Furudhul AiniyyahAbstract
Tujuan penelitian menemukan model pembelajaran Al Qur’an dengan metode ummi. dengan standarisasi input,
proses, dan output, melalui tiga pendekatan bahasa ibu yakni langsung dibaca tanpa dieja, dilakukan mengulangulang kata dengan kasih sayang. Tujuh program dasar ummi: tashih tahsin, sertifikasi, coach, supervisi,
munaqosah dan khataman. GEFA merupakan suatu gerakan pendidikan untuk membentuk karakter siswa dengan
menginternalisasikan nilai-nilai furudhul ainiyyah. Penelitian kualitatif deskriptif, data latar alami, sumber data
langsung dari guru ummi, kepala madrasah, stakeholder dan wali siswa. Pengumpulan data dari dokumen KBM
ummi, buku prestasi siswa, jurnal kegiatan ummi. Keabsahan data konfirmasi hasil penelitihan dengan
memanfaatkan triangulasi sebagai pengecekan keabsahan temuan penelitian. Hasil penelitian memberikan
konstribusi kepada institusi pengembang pembelajaran Al Qur’an metode ummi berbasis madrasah furudhul
Ainiyyah memperkuat karakter siswa dengan lima nilai utama: religius, wathaniyah, mandiri, ta’awun dan
integritas mewujudkan mutu madrasah.