MODEL-MODEL STRATEGI BELAJAR MUFRADAT MENURUT TEORI OXFORD DI PONDOK PESANTREN PUTRA AL-MUNAWAROH NGEMPLAK JOMBANG
Keywords:
Strategi Memori dan Kognitif, Pembelajarn Mufradât, bahasa ArabAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi memori dan strategi kognitif
model Oxford dalam proses belajar kosakata bahasa Arab (mufrodât ) di pondok pesantren putra
al-Munawaroh Ngemplak Jombang. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan
jenis studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik observasi dan wawancara sebagi teknik pengumpulan
data dan teknik analisis interaktif sebagai teknik analisa data. Hasil dari penelitian ini yaitu pertama,
macam-macam strategi memori model Oxford dalam belajar kosakata bahasa Arab (mufrodât) di
pondok pesantren putra al-Munawaroh Ngemplak Jombang meliputi : pengelompokan kata,
asosiasi makna kalimat, Membuat kalimat (jumlah mufidah), tikrar mufradat secara berkala,
memperagakan makna mufradat ( tamtsilul makna), kedua macam-macam penggunaan strategi kognitif
model Oxford dalam belajar kosakata bahasa Arab (mufrodât) di pondok pesantren putra alMunawaroh
Ngemplak Jombang meliputi : menirukan berulang-ulang, mencari makna kata di
kamus, menerjemah makna kalimat, mencatat mufradat, memberi tanda khusus dan menggunakan
mufradat dalam percakapan.