PENGARUH MODIFIKASI CYLINDER HEAD SEPEDA MOTOR SUPRA X 125 TERHADAP DAYA DAN TORSI

PENGARUH MODIFIKASI CYLINDER HEAD SEPEDA MOTOR SUPRA X 125 TERHADAP DAYA DAN TORSI

Authors

  • Muhamad Ramli Adi Wardana Universitas Hasyim Asy'ari
  • Mohammad Munib Rosadi Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/motion.v1i2.4915

Keywords:

Cylinder Head, daya, torsi

Abstract

Untuk meningkatkan performa motor yang lebih baik dari sebelumnya maka penulis ingin mengembangkan dan meneliti pengaruh modifikasi cylinder head terhadap daya dan torsi sepeda motor supra x 125. Tujuani penelitian inii antarai laini adalah untuki mengetahuii perbandingani modifikasi cylinder head terhadap daya dan torsi motor Honda Supra X 125. Variabel Bebas dalam penelitian ini adalah modifikasi pembesaran cylinder head dengan ukuran piston diameter 65, 5 mm dan modifikasi katup in ex adalah in 31, 5 mm dan ex 27 mm. Variabel terikat di penelitian ini ialah efisiensi motor yaitu Daya dan Torsi. Variabel kontrol dalam penelitiani ini adalah putaran mesin/rpm, unit sepeda motor, bahan bakar, transmisi standart, sasis standar dan celah katup 0, 05 mm katup In dan Ex. Untuk hasil dan pembahasan daya max pada mesin modifkasi ialah 16.53 Hp di Rpm = 7.365 di waktu 1.6 Detik, Sedangkan torsi max ialah 18.443 N.m di Rpm = 5.447 Rpm diwaktu 0.5 detik.

Downloads

Published

2023-09-19

How to Cite

Muhamad Ramli Adi Wardana, & Mohammad Munib Rosadi. (2023). PENGARUH MODIFIKASI CYLINDER HEAD SEPEDA MOTOR SUPRA X 125 TERHADAP DAYA DAN TORSI: PENGARUH MODIFIKASI CYLINDER HEAD SEPEDA MOTOR SUPRA X 125 TERHADAP DAYA DAN TORSI. Jurnal MOTION ( Manufaktur, Otomasi, Otomotif, Dan Energi Terbarukan), 1(2), 1–4. https://doi.org/10.33752/motion.v1i2.4915