STRATEGI PENGEMBANGAN UKM AJJULUKANA DI TAMALATE, GALESONG UTARA, TAKALAR, SULAWESI SELATAN

Authors

  • Medi Yansyah
  • Fungky Marian Universitas Muhammadiyah Lampung
  • hesti
  • Indah Nurlisa Gusrini

DOI:

https://doi.org/10.33752/abidumasy.v5i01.5742

Keywords:

Traditional marketing, modern marketing

Abstract

Keberadaan   Usaha   Mikro   Kecil   dan   Menengah   (UMKM)   menjadi   pilar   utama   dalam perekonomian Indonesia. Di Indonesia sendiri terdapat 64,5 juta UKM yang tersebar   dibanyak daerah, salah satunya UKM Ajjulukana yang terletak di dusun Tamalate, Sulawesi Utara. UKM ini berfokus pada produk pengolahan ikan dengan produk unggulanya yaitu abon ikan tenggiri. Kendala yang dihadapi oleh UKM Ajjulukana adalah kesulitan dalam pemasaran produk dalam skala besar karena pemasaran yang masih bersifat tradisional. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengadakan kegiatan sosialisasi mengenai pemasaran modern dengan pembuatan toko online di marketplace facebook. Kegiatan lain yang dilakukan adalah pembuatan bideo profil produk yang dapat digunakan sebagai saran promosi untuk pemasaran modern.  Harapanya, pembuatan toko online dari berbagai marketplace lain dapat dilakukan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-03-26