WISATA CAGAR BUDAYA SEBAGAI POTENSI SARANA EDUKASI di TROWULAN

Authors

  • Retno Eka Pramitasari Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Hasyim Asy’ari.
  • Nur Muflihah Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Hasyim Asy’ari.

DOI:

https://doi.org/10.33752/reaktom.v3i2.335

Abstract

Abstrak

Trowulan merupakan suatu kawasan wisata cagar budaya yang sangat terkenal di kota Mojokerto dan
ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional yang kental dengan unsur budaya dan sejarah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi wisata dan cagar budaya yang ada di kawasan Trowulan
sebagai sarana edukasi. Penelitian ini mengambil objek cagar budaya yang ada di kawasan Trowulan antara
lain Gapura Bajang Ratu, Petirtaan Tikus, Candi Brahu dan Pusat Informasi Majapahit. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif serta teknik pengambilan sampel
menggunakan teknik sampling purposive. Hasil penelitian ditunjukkan dengan bukti mayoritas pengunjung
yang berstatuskan pelajar adalah 52,5%, respon pengunjung terkait persepsi daya tarik lingkungan wisata
adalah 62,1% sangat menarik, dan persepsi terhadap aksesibilitas wisata pengunjung merespon 76,4%
mendukung kondisi tersebut. Pengunjung menyatakan puas terhadap fasilitas dan aktifitas di objek wisata. Hal
ini membuktikan, bahwa kawasan objek wisata cagar budaya Trowulan dapat digunakan untuk liburan dan
sarana edukasi.
Kata kunci: eksplorasi, cagar budaya, edukasi

Abstract

Trowulan is a very popular cultural heritage area in Mojokerto city and designated as a National
Tourism Strategic Area which is thick with cultural and historical elements. The purpose of this study to explore
the tourism and cultural heritage potency in Trowulan area as education facility. The object of this research is
the existing cultural heritage in the Trowulan area including Bajang Ratu Gate, Petirtaan Tikus, Brahu Temple
and Majapahit Information Center. This study used descriptive research with a qualitative approach and
sampling techniques using purposive sampling techniques. The results of this study indicated that the majority of
visitors who are student-certified were 52.5%, the response of visitors related to the perception of the
attractiveness of the tourist environment was 62.1% very interesting, and the perception of tourist accessibility
to visitors responds 76.4% supported this condition. Visitors expressed satisfaction with the facilities and
activities in the tourism object. This proved that the Trowulan cultural heritage area can be used for holidays
and educational facility.
Keywords: exploration, cultural heritage,educational facility

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-01-18

How to Cite

Pramitasari, R. E., & Muflihah, N. (2019). WISATA CAGAR BUDAYA SEBAGAI POTENSI SARANA EDUKASI di TROWULAN. Reaktom : Rekayasa Keteknikan Dan Optimasi, 3(2). https://doi.org/10.33752/reaktom.v3i2.335

Issue

Section

Articles