Penyusunan Target Penjualan dengan Menggunakan Metode Autoregresive Integrated Moving Average (ARIMA) Box Jenkins

- Sumarsono

Abstract

Abstrak
Kondisi pasar menjadi semakin kompetitif agar dapat eksis di tengah persaingan pasar tanpa kecuali harus meningkatkan strategi bisnis yang tepat dengan menyusun rencana strategi perencanaan dan pengembangan khususnya yang yang terkait dengan pasar. Departemen Marketing khususnya bagian penjualan memiliki peran yang penting sebagai ujung tombak perusahaan dalam bersaing di pasar. Salah satu perencanaan penjualan yang utama adalah membuat target penjualan. Diharapkan target penjualan merupakan angka yang realistis dengan kondisi pasar sekarang dan tentunya tetap mempertimbangkan aspek pertumbuhan di tahun target berdasarkan tahun sebelumnya.
Metode yang digunakan dalam penyusunan target penjualan menggunakan metode Autorgresive Integrated Moving Average (ARIMA) Box Jenkins. Hasil dari analisa didapatkan prediksi penjualan selama 52 minggu kedepan. Dan mempertimbangkan faktor pertumbuhan tahunan 20% didapatkan nilai target penjualan 52 minggu ke depan. Dengan nilai target penjualan yang terukur maka nilai target penjualan menjadi realistis dan pencapaian target penjualan akan bisa terealisasi lebih baik. Selanjutnya pihak marketing dapat menyusun strategi pencapaian target dengan lebih jelas dan terarah dengan mempertimbangkan kondisi daya beli masyarakat, tingkat persaingan merek pada tahun prediksi dan kesiapan tim serta beban biaya.
Kata Kunci: Pasar, Target Penjualan, Marketing, ARIMA Box Jenkins
Abstract
Market conditions are becoming increasingly competitive in order to exist in the midst of market competition without exception must improve the right business strategy by developing a strategy plan of planning and development, especially those related to the market. Marketing Department, especially the sales department has an important role as the spearhead of the company in competing in the market. One of the major sales plans is to make sales targets. It is expected that the sales target is a realistic figure with the current market condition and certainly still consider the growth aspect in the target year based on the previous year.
The method used in the preparation of sales targets using the method Autorgresive Integrated Moving Average (ARIMA) Box Jenkins. The results of the analysis obtained sales predictions for 52 weeks ahead. And considering the annual growth factor of 20% obtained value of sales target 52 weeks ahead. With the measured sales target value, the sales target value becomes realistic and the achievement of the sales target will be better realized. Furthermore, the marketing can develop a strategy of achieving the target with more clearly and directed by considering the condition of people's purchasing power, the level of brand competition in the year of prediction and team readiness and cost expenses.
Keywords: Market, Sales Target, Marketing, ARIMA Box Jenkins

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.