STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA SAYURAN KANGKUNG ORGANIK MENGGUNAKAN METODE ANALISIS SWOT

Edi Irawan, Achmad Syaichu, Nur Muflihah

Abstract

Abstrak
Sebuah usaha haruslah memiliki perencanaan dan strategi yang matang. Strategi yang tepat tentu mempunyai pengaruh yang besar dalam perkembangan usaha itu sendiri. Penelitian ini mencoba meneliti tentang strategi pengembangan usaha sayuran organik di POMOSDA dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa berdasarkan posisi pada matriks IE, kelompok tani berada pada kuadran V. Inti strategi yang dapat diterapkan kelompok tani Gapoktan Japo adalah strategi Hold and maintain (Mempertahankan dan Memelihara), melalui strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk. Hasil analisis SWOT didapatkan a) S-O yaitu mempertahankan dan meningkatkan pelayanan terhadap konsumen serta memperluas distribusi dan pemasaran. b) W-O yaitu mengusahakan sertifikasi produk serta meningkatkan pengarsipan data dan memanfaatkan peluang. c) S-T yaitu mempertahankan dan memelihara daerah pemasaran yang sudah ada. d) W-T yaitu menjalin kerjasama (net working) dengan perusahaan-perusahaan untuk mencari dan mendapatkan informasi pasar pertanian organik.
Kata kunci : Strategi pengembangan, IFE, EFE, analisis SWOT
Abstract
A business should have a mature planning and strategy. The right strategy certainly has a great influence in the development of the business itself. This research tried to examine the strategy of developing organic vegetable business in POMOSDA using SWOT analysis. The result of the research is based on the position in IE matrix, farmer group is in quadrant V. The core of strategy that can be applied by farmer group Gapoktan Japo is strategy of hold and maintain (Keeping and Maintain), through strategy of market penetration and product development. The results of SWOT analysis obtained a) S-O is maintain and improve service to consumers and expand distribution and marketing. b) W-O is a ensuring product certification and improving data archiving and exploiting opportunities. c) S-T is keeping and maintaining existing marketing areas. d) W-T is establishing cooperation (net working) with companies to look forword and obtain information market organic farming.
Keywords: Development strategy, IFE, EFE, SWOT analysis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.