IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PEMBELAJARAN ( Studi Kasus di MTsN 6 Jombang)

  • Akbarturrahman Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Hasyim Asy’ari
  • Abdullah Aminuddin Aziz Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Hasyim Asy’ari

Abstract

Sekolah ramah anak merupakan suatu program yang secara sadar berupaya kuat untuk menjamin hak-hak anak dan perlindungan bagi anak dari segala aspek kehidupan secara terlaksana dan bertanggung jawab. Begitupalah halnya dalam proses pembelajaran diharuskan dalam penyampaian pembnelajaran harus didukung denganm pelayanan yang ramah anak, sehingga menciptakan susana kelas yang kondusif bagi peserta didik. Oleh karena itu pada pembahasan kali ini, peneliti ini membahas tentang implementasi program sekolah ramah anak dalam meninggatkan pelayanan pembelajaran di mtsn 6 jombang. Tujuan dari penelitian ini diantaraanya, 1. Untuk mengetahui program sekolah ramah di mtsn 6 jombang, 2. Untuk mengetahui pelayanan pembelajaran di mtsn 6 jombang, 3. Untuk mengetahui implementasi sekolah ramah anak dalam meningkatkan pelayanan pembelaran. Peneliti menggunakan pendkatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan teknik pengumpulan data seperti obsevasi,wawancara,dokumentasi. Analisas data dengan tiga tahap, tahap pertama reduksi data, penyajian data, dan verivikasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut didapatkan hasil bahwa implementasi program sekolah ramah anak dalam meningkatkan pelayanan pembelajaran di mtsn 6 jombang menunjukan peningkatan bagi pelayanan pembelajaran di msn 6 jombang. Hal ini dibuktikan dengan adanya upaya pelatihan dan buku panduan bagi tenaga pendidik dalam memberikan pelayanan yang ramah terhadap peserta didik. Dari penelitian itu juga diajuakan saran bagi pihak yang terkait untuk dapat berpartisipasi secara maksimal dalam keberlangsungan program tersebut.

Published
2020-11-01
Section
Articles