PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN STUDI DI SMANU 1 GRESIK

  • Muhammad Sanusi Fauzi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Agama Islam , Universitas Hasyim Asy’ari
  • Moh. Syamsul Falah Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Agama Islam , Universitas Hasyim Asy’ari
Keywords: Peran Kepala Sekolah,Mutu Pendidikan

Abstract

Era revolusi 4.0 adalah generasi yang sangat modern dibandingkan generasi sebelumnya. Di era revolusi 4.0 ini untuk masalah pendidikan merupakan masalah yang sangat penting didalam dunia pendidikan dan dunia kehidupan.  Agar dapat merealisasikan pendidikan yang lebih baik maka pendidikan ini dapat berupaya meningkatkan mutu pendidikannya. Bagi pendidik dan peserta didik disiapkan untuk menciptakan ide kreatif dengan  menggunakan kemampuan teknologi. pendidikan 4.0 ini dirancang untuk mewujudkan pendidikan yang cerdas dan kreatif. Skripsi ini mengkaji tentang peran kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan siswa studi kasus di SMANU 1 Gresik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang mutu pendidikan siswa SMANU 1 Gresik.

Penelitian ini menggnakan jenis penelitian studi kasus bersifat diskriptif kualitatif yang menggambarkan peran kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan siswa di SMANU 1 Gresik. Data yang dikumpulkan adalah kata- kata, gambar, dan bukan angka-angka. dengan demikian pula peneliti dapat berusaha memaparkan mutu pendidikan siswa yang terdapat di SMANU 1 Gresik.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut bahwa:  Pertama mutu pendidikan siswa Mutu pendidikan ini masih sangat baik dan relevan dengan keadaan sekarang ini dengan memadukan dua kurikulum SKS dan K13. Kedua, Mutu pendidikan SMANU 1 Gresik ini masih sangat terjaga dengan baik dengan selalu mempertahan kualitas mutu nya. hal ini dapat dilihat dari ouput nya yang dihasilkan dari lulusan yang berkualitas yang mampu mempunyai soft skill yang baik dan berbagai macam keterampilan. Ketiga, Dalam meningkatkan kualitas Mutu pendidikannya SMANU 1 Gresik ini membuat beberapa program-program yang dilaksanakan oleh para siswa dan serta didukung oleh kondisi lingkungan yang memadai. 

Published
2020-11-01
Section
Articles