PENGACAKAN SOAL PADA SISTEM COMPUTER BASED TEST (CBT) DENGAN METODE LINEAR CONGRUENTIAL GENERATOR (LCG) DI SMA NEGERI JOGOROTO

  • Achmad Fanani Program Studi S1 Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Hasyim Asy’Ari
  • Aries Dwi Indriyanti Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Hasyim Asy’ari Jombang
  • Indana Lazulfa Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Hasyim Asy’ari Jombang

Abstract

Abstrak

Bentuk pelaksanaan ujian siswa di sekolah banyak menggunakan Paper Based Test (PBT), namun dengan perkembangan dunia teknologi yang semakin pesat pada saat ini pelaksanaan evaluasi hasil belajar siswa atau ujian di sekolah banyak digunakan dalam bentuk Computer Based Test (CBT). Namun Pelaksanaan ujian model PBT dan CBT mempunyai permasalahan yang sama dan sering terjadi, salah satunya adalah kecurangan siswa dalam mengerjakan soal ujian dalam pelaksanaanya. Kecurangan yang dilakukan siswa dalam ujian adalah contek mencontek dikarenakan adanya soal dengan urutan yang sama antar siswa. Dalam penelitian ini akan digunakan metode Linear Congruential Generator (LCG) sebagai metode yang mampu mengatasi permasalahan pada ujian PBT dan CBT. Algoritma LCG adalah salah satu algoritma yang menggunakan Pseudo random Number Generator (PNRG) atau sering disebut dengan bilangan acak yang dibangkitkan secara periodik dimana bilangan acak periodik merupakan metode yang membuat sebuah deret bilangan biasa menjadi deret bilangan yang tidak benar-benar acak. Langkah - langkah metode LCG ini adalah dengan menentukan parameter awal yang dijadikan sebagai patokan untuk dilakukan pengacakan sehingga dapat menghasilkan suatu deret bilangan yang acak, penentuan parameter awal yang dijadikan sebagai patokan meliputi penentuan nilai sebagai faktor pengali, nilai sebagai faktor penambah, nilai sebagai modulus dan nilai sebagai nilai awalan atau seed. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi CBT yang sudah diuji coba dengan pengacakan pertama dan kedua dengan jumlah 100 soal yang diacak menghasilkan urutan soal yang sama dan dapat memberikan hasil urutan soal yang berbeda jika pola parameter yang digunakan berbeda pada tiap pengacakan yang dilakukan.

Kata Kunci : Computer Based Test (CBT), Sistem Pengacakan Soal, Linear Congruential Generator (LCG).

Abstract

The form of the implementation of student examinations in many schools uses Paper Based Test (PBT), but along with the development of information and communication technology, the implementation of student examinations is now using the Computer Based Test (CBT). However, the implementation of the PBT and CBT model exams has the same and frequent problems, one of which is cheating students in working on exam questions in their implementation. Cheating by students in the exam is cheating because there are questions in the same order between students. In this study Linear Congruential Generator (LCG) method will be used as a method that is able to overcome the problems in PBT and CBT exams. The LCG method is a method used to generate random numbers with uniform distribution. A random number is a number that results from a process, whose output cant be predicted and the same number cant be generated sequentially. The steps of the LCG method are to determine the initial parameters that are used as a benchmark for randomization so that it can produce a random number series, the determination of the initial parameters that are used as a benchmark includes the determination of value as a multiplier, value as an addition factor, value as the modulus and the value as the prefix or seed value. The results of this study are a CBT application that has been tested with the first and second randomization with the number 100 randomized questions resulted in the same sequence of questions and can give a different sequence of questions if the parameter pattern used is different for each randomization performed.

Keyword : Computer Based Test (CBT), Randomization Question System, Linear Congruential Generator (LCG)

Published
2018-12-17
Section
Artikel