PROSES BERPIKIR MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA DALAM MENYELESAIKAN STATISTIKA BERDASARKAN TEORI PEMROSESAN INFORMASI

Dharma Bagus Pratama Putra, Terdy Kistofer, Iftitaahul Mufarrihah

Abstract

Proses berpikir siswa cenderung bermacam-macam. Namun masalah yang sering terjadi adalah diabaikannya proses berpikir siswa oleh pendidik. Akibatnya konsep yang terbentuk dalam ingatan siswa salah ataupun konsep tersebut tidak saling terkoneksi sehingga siswa sulit mengingatnya. Proses berpikir yang dimaksud dalam penelitian ini adalah proses yang dimulai dari penemuan informasi, pengolahan informasi, penyimpanan, dan pemanggilan kembali informasi tersebut untuk menarik kesimpulan atau membuat suatu keputusan. Penelitian ini selanjutnya lebih di khususkan pada materi peluang pada matakuliah statistika. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Alat yang digunakan untuk menganalisis proses berpikir siswa pada penelitian ini adalah teori pemrosesan informasi. Teori pemrosesan informasi mengamati bagaimana informasi masuk, diproses, disimpan sampai dipanggil ulang dari ingatan individu. Dalam teori pemrosesan informasi terdapat tiga komponen utama yaitu 1) komponen penyimpanan informasi, 2) komponen proses kognitif, 3) komponen proses kontrol. Pemahaman siswa tentang soal tes cukup baik sehingga selective attention dan perception setiap subyek penelitian terhadap soal sudah benar. Namun S1 mengalami kesalahan dalam mengerjakan soal pertama. S1 mengalami kesulitan saat me-retrieval konsep ruang sampel sedangkan S2 dapat melakukan proses retrieval dengan lancar. Proses encoding sudah dilakukan oleh S1 dan S2 dengan baik yang dibuktikan dengan kelancaran mereka dalam menjelaskan hasil pengerjaan soal. Kata Kunci: Proses Berpikir, Statistika, Teori Pemrosesan Informasi

 

Thinking processes of students are kinds. But the problem that often occurs is student’s thinking processes are ignored by teacher. As a consequent, concepts that store in memory student go wrong or there are no connections among the concepts and it make students hard to remember. Thinking processes in this research are processes that begin by finding information, information processing, saving information, and recalling that information to make conclusions or make decisions. The research is more focused in propability in Statistics. This research is a research with qualitative approaching. Information processing theory is a tool to analyze student’s thinking processes. Information processing theory observes how the information get in, processed, storage, and recalled from memory of student. In the information processing theory, there are three main components that are 1) information storage component, 2) cognitive processing component, 3) control processing component. Students’ understandings about the question are good enough so that make selective attention and perception of research subjects are right. But S1 get wrong answer when doing first test. S1 get difficulty when retrieval about sampel space concepts but S2 get no difficulty when retrieval the concept. S1 and S2 do encoding procces well, it’s proven when they explain their answers fluently. Keyword: Thinking Proceeses, Statistics, information processing theory

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.