ANALISIS KESULITAN SISWA KELAS VII DALAM MENYEDERHANAKAN BENTUK ALJABAR

Iftitaahul Mufarrihah, Dharma Bagus Putra Pratama, Terdy Kistofer

Abstract

Kesulitan belajar siswa ditunjukkan oleh adanya hambatan-hambatan tertentu untuk mencapai hasil belajar, dan dapat bersifat psikologis, sosiologis, maupun fisiologis, sehingga pada akhirnya dapat menyebabkan prestasi belajar yang dicapai rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam mengerjakan soal aljabar dan memberikan saran untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Berdasarkan hasil analisis jawaban dan hasil wawancara diperoleh bahwa : (1) siswa kurang memahami konsep yang ada untuk menyelesaikan permasalahan yang ada, (2) siswa kurang menguasai teknik penyederhanaan untuk menyelesaikan soal penyederhanaan aljabar yang ada, (3) siswa kurang memahami teori yang ada pada pecahan aljabar. Kata kunci : kesulitan belajar, aljabar, kesulitan siswa.

 

Students learning difficulties are shown by the presence of certain obstacles to achieve learning outcomes, it can be psychological, sociological, and physiological, as a result students had low learning achievement. This study aims to determine the difficulties students working on the problem of algebra and provide advice to overcome the learning difficulties. This research method used descriptive method. Based on the results of the analysis of student’s answers and interview showed that: (1) students had less understanding of existing concepts to solve existing problems, (2) students lack the simplifying techniques to solve the problem of simplification of existing algebra, (3) students do not understand the theory of algebra. Keyword : learning difficulties, algebra, student obstacle.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.