PENERAPAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IXA PADA KONSEP BIOTEKNOLOGI PANGAN DI SMP NEGERI KEWAPANTE
DOI:
https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v5i2.1076Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IXA pada konsep bioteknologi pangan di SMP Negeri Kewapante. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas (classroom action research) adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sehingga hasil belajar peserta didik meningkat. Kegiatan penelitian ini dirancang dalam siklus, yang terdiri dari 2 siklus yang terencana. Setiap siklusnya terdiri atas 4 tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IXA pada pokok bahasan bioteknologi pangan di SMP Negeri Kewapante tahun ajaran 2019/2020 yang dibuktikan dengan nilai hasil belajar siswa pada siklus II dengan rata-rata nilai yang dicapai 80,7 dan persentase kelulusan yang dicapai sebesar 85,7%.
Kata kunci: hasil belajar, bioteknologi pangan, inkuiri
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).