PENERAPAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IXA PADA KONSEP BIOTEKNOLOGI PANGAN DI SMP NEGERI KEWAPANTE

Authors

  • Alexius Dewa SMP Negeri Kewapante, Sikka, Nusa Tenggara Timur

DOI:

https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v5i2.1076

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IXA pada konsep bioteknologi pangan di SMP Negeri Kewapante. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas (classroom action research) adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sehingga hasil belajar peserta didik meningkat. Kegiatan penelitian ini dirancang dalam siklus, yang terdiri dari 2 siklus yang terencana. Setiap siklusnya terdiri atas 4 tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IXA pada pokok bahasan bioteknologi pangan di SMP Negeri Kewapante tahun ajaran 2019/2020 yang dibuktikan dengan nilai hasil belajar siswa pada siklus II dengan rata-rata nilai yang dicapai 80,7 dan persentase kelulusan yang dicapai sebesar 85,7%.

Kata kunci: hasil belajar, bioteknologi pangan, inkuiri

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

Alexius Dewa. (2020). PENERAPAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IXA PADA KONSEP BIOTEKNOLOGI PANGAN DI SMP NEGERI KEWAPANTE. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 733–739. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v5i2.1076