http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/ed-humanistics/issue/feed Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan 2021-04-30T12:56:10+00:00 Andri Wahyu Wijayadi edhumanistics@gmail.com Open Journal Systems <p>Jurnal Ed-Humanistics adalah jurnal ilmiah yang dikelolah oleh Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang. Jurnal Ed-Humanistics pertama kali terbit pada tahun 2016. Jurnal Ed-Humanistics memuat artikel hasil penelitian, kajian pustaka dan gagasan konseptual dalam bidang pendidikan. Jurnal Ed-Humanistics terbit dua kali dalam satu tahun pada bulan April dan November. Jurnal Ed-Humanistics menerima naskah yang belum pernah dipublikasikan dalam media lain.</p> <p>&nbsp;</p> http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/ed-humanistics/article/view/1456 MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DRAMA PADA SISWA MTs AL QOMARIYAH GARUT 2021-04-30T12:55:03+00:00 Deni Hadiansah denihadiansah@gmail.com Desty Rara Pringgandinie destyrara@gmail.com Rani Rabiussani denihadiansah@gmail.com Yun Yun Qurota Ayunin yunyunqurotaayun76@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran <em>Project Based Learning</em> (PBL) dalam meningkatkan keterampilan menulis teks drama pada siswa MTs Al Qomariyah Garut.&nbsp; Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen <em>nonequivalent control group design</em>. Dari populasi siswa sejumlah 252 orang, diambil sampel 60 siswa terdiri dari Kelas VIII A-1 (Eksperimen) 30 siswa dan Kelas VIII B-1 (Kontrol) 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam meneulis teks drama dengan model PBL rerata nilai pretes 67,66 dan rerata nilai postes 87.50. Adapun kemampuan siswa yang menggunakan model <em>Direct Instruction</em> (DI) rerata nilai pretes 60.00 dan rerata nilai postes 79.50. Artinya hipotesis diterima, kemampuan siswa dalam menulis teks drama melalui pembelajaran model PBL lebih baik daripada pembelajaran menggunakan model DI. Adapun gambaran kemampuan keterampilan berbahasa yang lain pada siswa MTs Al Qomariyah Garut, tentu saja perlu dilaksanakan penelitian lanjutan.</p> <p><strong>K</strong><strong>a</strong><strong>ta Kunci: </strong>menulis, <em>project based learning, </em>teks drama</p> 2021-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/ed-humanistics/article/view/1457 TEACHING WRITING USING PREPARE ORGANIZE WRITING EVALUATE RETHINK STRATEGY AT THE EIGHT GRADE OF MTs MAHWIL UMMIYAH MUARA LAPA DAYA DUNGKEK SUMENEP IN THE ACADEMIC YEAR OF 2019/2020 2021-04-30T12:55:11+00:00 Ummul Khoiroh Khoirahone96@gmail.com Haris Supratno harissupratno@unesa.ac.id Ria Kamilah Agustina riakamilah88@gmail.com <p>Writing learning using P.O.W.E.R. strategy that occurs in the eight class of MTs Mahwil Ummiyah make innovative and inspiring learning, the students innovatively to creative study and independent, the strategy is&nbsp; involving students to evaluate and revise independently who crated students in writing. The goal is the POWER method to be achieved in the writing learning effectively, to descript the students of result in the writing learning using the POWER method. The technique data analysis data reduction the researcher observe&nbsp; in the field, data display to descript the result, conclusion is the verification. The result of this research can be seen in the 4 cycles of learning process. 20,5% is the students learning result&nbsp; from first cycle in the second cycles out 72% in the third cycles 85% in the fourth 91%. Can conclude that students writing learning was drastic&nbsp; increase. this shows that the learning process using the POWER method of students in MTs Mahwil Ummiyah successfully.</p> <p><strong>Keyword</strong>: Teaching Writing Using P.O.W.E.R Method</p> 2021-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/ed-humanistics/article/view/1458 PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS MAHASISWA MELALUI PENDIDIKAN AL ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALOPO) 2021-04-30T12:55:17+00:00 Amriani amrianianjek03@gmail.com <p>Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yanga mengkaji tentang&nbsp; peranan pendidikan agama Islam di perguruan tinggi sebagai mata kuliah umum (MKU) untuk menguatkan karakter religius mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan peran pendidikan Al-Islam kemuhammadiyahan di Universitas Muhammadiyah Palopo. Faktor pendukung dan penghambat peran pendidikan AIK dan respon mahasiswa terhadap peran Pendidikan Al-Islam Kemuhammadiyaan di Universitas Muhammadiyah Palopo. penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang didapatkan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian yang mengacu pada rumusan masalah menunjukkan bahwa Proses pendidikan Al-Islam Kemuhammadiyaan tidak terlepas dari kerjasama dari semua pihak. Yaitu, khususnya para dosen pengampu yang senantiasa berpartisifasi aktif dalam membina, membimbing para mahasiswa untuk menjadi masyarakat yang beakhlak mulia, bermartabat serta mampu memahami eksistensinya sebagai khalifah dimuka bumi ini.</p> <p><strong>K</strong><strong>a</strong><strong>ta Kunci: </strong>Pendidikan Al-Islam Kemuhammadiyaan, Karakter Religius.</p> 2021-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/ed-humanistics/article/view/1459 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CAMTASIA© DAN WONDERSHARE QUIZ CREATOR MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII 2021-04-30T12:55:22+00:00 Tri Wahyuni khusnulkhotimah@unwaha.ac.id Khusnul Khotimah khusnulkhotimah@unwaha.ac.id M. Farid Nasrulloh khusnulkhotimah@unwaha.ac.id <p>Penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Camtasia dan Wondershare Quiz Creator materi aritmatika sosial kelas VII SMPN 4 Jombang bertujuan untuk: 1) Mengetahui proses pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis <em>Camtasia </em>dan <em>Wondershare Quiz Creator </em>materi aritmati&nbsp; sosial&nbsp; 2) Mengetahui bagaimana hasil pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis <em>Camtasia </em>dan <em>Wondershare Quiz Creator </em>materi aritmatika sosial. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE {(<em>Analysis </em>(Analisis) , <em>Design </em>(perencanaan), <em>Development </em>(pengembangan), <em>Implementation </em>(implementasi) dan <em>Evaluation </em>(evaluasi)}. Teknik Analisis dari penelitian menggunakan data kuantitatif berupa skor validator para ahli, skor ahli materi dosen Pendidikan Matematika, skor ahli media dosen Teknologi Informasi, skor respon peserta didik terhadap media <em>Camtasia </em>dan <em>Wondershare Quiz Creator </em>berupa hasil angket. Hasil penelitian menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis <em>Camtasia </em>dan <em>Wondershare Quiz Creator </em>dilihat melalui uji validasi produk. Uji validasi materi dari Dosen Pendidikan Matematika terdapat 3,41 dengan kategori valid, sedangkan validasi ahli media dari Dosen Fakultas Teknologi Informasi terdapat 3,6 dengan kategori valid. Hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa nilai rata-rata seluruh peserta didik terdapat 76,8. Berdasarkan KKM yang ditetapakan sekolah (65) maka nilai rata-rata seluruh peserta didik dalam kualifikasi tuntas. Hasil ketuntasan belajar peserta didik menunjukkan bahwa dari jumlah seluruh peserta didik lebih banyak yang sama dengan atau lebih dari KKM dengan persentase ketuntasan dari jumlah peserta didik yang tuntas terdapat 68,7%.Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis <em>Camtasia </em>dan <em>Wondershare Quiz Creator </em>baik dan layak digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi aritmatika sosial kelas VII SMPN 4 Jombang.</p> <p><strong>Kata</strong> <strong>Kunci: </strong>Media Pembelajaran Interaktif, <em>Camtasia</em>, <em>Wondershare Quiz Creator</em>, Aritmatika Sosial</p> 2021-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/ed-humanistics/article/view/1460 PERMASALAHAN PERKEMBANGAN MINAT SEKOLAH YANG BERBASIS AGAMA DALAM PERSPEKTIF TEOLOGIS, CRITERIOLOGIS DAN AKSIOLOGIS SERTA SOLUSI ALTERNATIFNYA 2021-04-30T12:55:32+00:00 Nor Amaliah noramaliah1234@gmail.com <p>Tujuan dari penyusunan ini merupakan buat mangupas sebagian permasalahan pertumbuhan atensi sekolah yang berbasis agama dalam perspektif teologi, criteriologi serta aksiologi. Teologi ialah ilmu yang menekuni seluruh suatu yang berkaitan dengan kepercayaan beragama. Permasalahan madrasah yang jadi atensi teologi dalam penyelenggaraan madrasah dibutuhkan pendirian, pegangan hidup serta pola pandang berfikir manusia. Criteriologi ialah cabang filsafat yang berupaya buat menetapkan benar ataupun tidaknya sesuatu benak ataupun pengetahuan bersumber pada dimensi tentang kebenaran. Aksiologi yakni ilmu pengetahuan yang menyelidiki hakikat nilai, semacam etika serta estetika. Etika bersangkutan dengan permasalahan kebaikan, sebaliknya estetika dengan permasalahan keelokan.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> Madrasah, teologis, crieteriologis dan aksiologis</p> 2021-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/ed-humanistics/article/view/1461 MONOPOLI IPA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMP/MTs KELAS VII PADA MATERI TATA SURYA 2021-04-30T12:55:37+00:00 Shofroul Lailiyah shofroullailiyah5@gmail.com Nur Kuswanti nurkuswanti@unesa.ac.id Lina Arifah Fitriyah linaarifahfitriyah@gmail.com <p>Pentingnya peran media dalam pembelajaran sehingga untuk tercapai suatu tujuan pembelajaran membutuhkan alat bantu yang dapat mempermudah siswa dalam menerima materi. Media edukatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran dengan suasana menarik dan menyenangkan adalah monopoli..Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran monopoli IPA pada materi Tata Surya. Penelitian ini termasuk jenis pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (<em>Analyze, Design, Development, Implement, &amp; Evaluate</em>). Keterbatasan penelitian ini adalah tahapan <em>Implement </em>tidak bisa dilaksanakan karena pandemi covid-19. Data diperoleh dengan menggunakan instrument pengumpulan data berupa penilaian kelayakan berdasarkan validitas dari ahli media, ahli materi dan guru IPA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media monopoli IPA pada materi Tata Surya dinyatakan validitas. Aspek validitas ditunjukkan dari hasil validasi monopoli IPA Tata Surya dan mendapat rata-rata skor 3,78 dengan kategori sangat valid.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> Media Pembelajaran, Monopoli IPA, Tata Surya.</p> 2021-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/ed-humanistics/article/view/1462 PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS SAINTIFIK PADA MATERI GARIS DAN SUDUT TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP/MTS 2021-04-30T12:55:44+00:00 Musabikhatul Magfiroh firoh370@gmail.com Khusnul Khotimah khusnulkhotimah@unwaha.ac.id Wisnu Siwi Satiti siwi.wisnu@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model <em>discovery learning </em>berbasis saintifik pada materi garis dan sudut terhadap hasil belajar dan kreativitas peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen metode <em>quasi eksperimental design, </em>dan <em>pretest-posttest control group design</em>. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs NU Mojosari, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik <em>random assigment, </em>dipilih dua kelas sebagai sampel dalam penelitian ini, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah berupa tes dan non tes. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian untuk mengukur hasil belajar peserta didik, sedangkan instrumen non-tes yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket (kuesioner) dan lembar observasi untuk mengukur kreativitas peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji hipotesis, namun sebelum melakukan uji hipotesis harus dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menujukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model <em>discovery learning </em>berbasis saintifik pada materi garis dan sudut terhadap hasil belajar dan kreativitas peserta didik kelas VII SMP/MTs.</p> <p><strong>Kata kunci: </strong><em>Discovery Learning</em>, Saitifik, Hasil belajar dan Kreativitas Peserta Didik</p> 2021-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/ed-humanistics/article/view/1463 PENGARUH PROJECT BASED LEARNING – STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) TERHADAP PEMBELAJARAN SAINS PADA ABAD 21 2021-04-30T12:55:52+00:00 Yuhana Elva yuhana.elva02@gmail.com Ratna Kartika Irawati ratnakartika@uin-antasari.ac.id <p>Tujuan penulisan artikel ini ialah untuk mendiskripsikan pengaruh dari implementasi model <em>Project Based Learning – STEM </em>terhadap pembelajaran sains pada abad 21. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif bersifat studi literatur atau telaah pustaka. Berdasarkan data – data yang diperoleh dan dianalisis dari beberapa literatur, pembelajaran dengan <em>Project Based Learning – STEM </em>menjadi salah satu alternatif untuk melatih keterampilan siswa pada abad 21. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengaruh dari implementasi model &nbsp;<em>Project Based Learning – STEM &nbsp;</em>terhadap pembelajaran sains dapat meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa, kreativitas siswa, kemampuan berkomunikasi, dan keterampilan kolaborasi sehingga dapat mendorong siswa agar memiliki keterampilan pada abad ke-21.</p> <p><strong>Kata kunci</strong>: <em>Project Based Learning, STEM, dan Keterampilan Abad 21</em></p> 2021-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/ed-humanistics/article/view/1464 ANALISIS BUTIR SOAL EVALUASI TEMA 1 KELAS 4 SDN PLUMBUNGAN MENGGUNAKAN PROGRAM ANATES 2021-04-30T12:55:57+00:00 Mochammad Noor Akhmadi Noorakhmadi49@gmail.com <p>Program anates digunakan untuk mengetahui ciri-ciri butir soal evaluasi tema 1 kelas 4. Pada penilitian ini pengumpulan data menggunakan Teknik dokumen dengan pendekatan dekriptif kuantitatif. Alat tes berupa soal evaluasi tema 1 kelas 4 berjumlah 20 soal berupa dokumen tes pilihan ganda. Soal evaluasi tema 1 kelas 4 direspon oleh 20 siswa dengan menggunakan aplikasi program anates versi 4.0.9 dengan jumlah 20 dokumen . Setelah dilakukan analisis, hasil yang didapat menunjukkan indeks daya pembeda dikategorikan tinggi karena jumlah butir soal yang bisa digunakan untuk membedakan kelompok atas dan bawah adalah 50%. Tingkat kesukaran butir soal kategori sedang dengan nilai prosentase sebesar 64%. Validitas tes sebesar 80% kategori sangat tinggi. Reliabilitas butir soal sangat tinggi dengan nilai indeks sebesar 0.80. Efektifitas distraktor pada soal evaluasi Penilaian Tengah Semester Tema 1 Kelas IV hanya 40 % yang berfungsi dengan baik.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Karakteristik Butir, Soal Evaluasi PTS, Program Anates</p> 2021-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/ed-humanistics/article/view/1465 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA MATERI GAYA DAN GERAK KELAS IV MI HASYIM ASY’ARI 2021-04-30T12:56:02+00:00 Evi Rizqi Salamah evirizqis@stkipbim.ac.id <p>Pembelajaran saat ini dilakukan secara&nbsp;<em>daring</em>. Suasana belajar yang menyenangkan dan implementasi model pembelajaran sangat diperlukan demi tercapainya tujuan pembelajaran yang dicapai. Agar dalam proses belajar dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dan siswa dapat berperan aktif, oleh karena itu peneliti melaksanakan penelitian dengan judul&nbsp;Efektivitas Model&nbsp;<em>Cooperatife Learning Tipe Scramble</em>&nbsp;Pada Materi Gaya dan Gerak Kelas IV Sekolah Dasar<strong>.</strong> Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, angket dan dokumentasi. Model&nbsp;<em>Scramble&nbsp;</em>diterapkan pada materi Gaya dan Gerak siswa kelas IV MI Hasyim Asy’ari Surabaya. Pengetahuan wawasan dapat dilihat dari hasil lembar kerja dan angket yang diberikan kepada siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari penelitian yang telah dilaksanakan menunjukan hasil bahwa, siswa kelas IV lebih antusias dalam kegiatan pembelajaran sistem&nbsp;<em>daring</em>. Siswa lebih memperhatikan penjelasan guru, aktif bertanya, menanggapi apa yang dijelaskan oleh guru, mengerjakan perintah yang diberikan dan lebih disiplin dalam belajar. Pemahaman siswa dalam mempelajari materi Gaya dan Gerak dengan menerapkan model&nbsp;<em>Scramble</em>&nbsp;dapat dilihat dari hasil LKS yang memuaskan yaitu di atas rata-rata.</p> <p><strong>Kata kunci: </strong>Model&nbsp;<em>Scramble</em>, Materi Gaya dan Gerak, Sekolah Dasar</p> 2021-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan