http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/ed-humanistics/issue/feed Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan 2022-06-15T08:01:58+00:00 Siti Faizah edhumanistics@gmail.com Open Journal Systems <p>Jurnal Ed-Humanistics adalah jurnal ilmiah yang dikelolah oleh Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang. Jurnal Ed-Humanistics pertama kali terbit pada tahun 2016. Jurnal Ed-Humanistics memuat artikel hasil penelitian, kajian pustaka dan gagasan konseptual dalam bidang pendidikan. Jurnal Ed-Humanistics terbit dua kali dalam satu tahun pada bulan April dan November. Jurnal Ed-Humanistics menerima naskah yang belum pernah dipublikasikan dalam media lain.</p> <p>&nbsp;</p> http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/ed-humanistics/article/view/2517 PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATERI ZAT ADITIF KELAS VIII 2022-06-15T08:01:58+00:00 Deswita Aji Astutik deswitaaji05@gmail.com Oktaffi Arinna Manasikana Changemaker.salatiga@gmail.com <p>Penelitian ini bermaksud untuk membuat dan mengukur valid, praktis dan efektif LKPD berbasis <em>numbered heads together</em> pada materi zat aditif kelas VIII. Metode penelitian mengintisarikan pengembangan model ADDIE yang dilakukan lima tahap ialah <em>analyze, design</em>,<em> development, implementation</em>, dan <em>evaluation</em>. Hasil dari validasi LKPD oleh dua validator ahli dan pendidik didapatkan skor rerata sebesar 77,8% dengan kategori valid. Hasil kepraktisan berdasarkan keterlaksanaan penggunaan LKPD didapatkan skor rata-rata 88,6% dan hasil respon positif peserta didik didapatkan skor rerata sebesar 92.8% dengan kelompok sangat praktis. Hasil keefektifan mengolah ketuntasan hasil belajar peserta didik didapatkan skor rerata78,7% dengan kategori efektif.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong> : Pengembangan LKPD, Model <em>Numbered Heads Together</em>, Zat &nbsp;Aditif.</p> 2022-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/ed-humanistics/article/view/2518 PEMBELAJARAN PRAKTIKUM KIMIA DI MASA PANDEMI COVID-19 PROGRAM STUDI TADRIS KIMIA UIN ANTASARI BANJARMASIN PADA SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2020/2021 2022-06-15T08:01:36+00:00 Ardian Trio Wicaksono ardian.tw@uin-antasari.ac.id <p>Pandemi Covid-19 mengakibatkan perubahan pembelajaran praktikum yang biasanya di laboratorium menjadi online. Penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran praktikum kimia dimasa pandemi Covid-19 Prodi Tadris Kimia UIN Antasari Banjarmasin semester genap 2020/2021 dan faktor yang mempengaruhinya. Penelitian lapangan sebagai jenis penelitian dalam penelitian ini dengan mengunakan pendekatan kualititatif. Wawancara <em>online</em> melalui <em>zoom meeting</em> sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran praktikum kimia dimasa pandemi Covid-19 dilakukan melalui berbagai cara: menyampaikan video praktikum hingga menyajikan hasil praktikum dan mahasiswa fokus pada keterampilan analisis hasil praktikum; menyampaikan video terkait materi dan mahasiswa menuliskan prosedur praktikum, alat dan bahan; membuat video praktikum yang telah dilakukan; serta memberikan data hasil praktikum beserta dokumentasi praktikum tahun sebelumnya serta link video praktikum serupa dari sosial media. Berbagai faktor yang mempengaruhi berupa mahasiswa cenderung pasif; pembelajaran hanya terjadi satu arah; aktivitas mahasiswa sulit dikondisikan saat perkuliahan; beberapa mahasiswa terlambat mengumpulkan jurnal atau laporan praktikum.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: praktikum kimia, dimasa pandemi.</p> 2022-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/ed-humanistics/article/view/2519 PENGARUH MODEL STAD PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII MTs AL-HIDAYAH MIRU LAMONGAN 2022-06-15T08:01:14+00:00 Nindya Pratiwi Putri M nindyapratiwi08@gmail.com Nur Hayati nurhay.ht@gmail.com <p>Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh pemilihan model pembelajaran guru yang kurang bervariasi. Guru menganggap bahwa model konvensional merupakan model pembelajaran tercepat dalam menyelesaikan materi sasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Al-Hidayah Miru Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan desain kontrol non-ekuivalen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al-Hidayah Miru Lamongan Semester II Tahun Ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data menggunakan tes prestasi dilakukan dengan menggunakan tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan independent sample t-test diperoleh t hitung sebesar 2,532 dengan nilai signifikansi 0,015 &lt; 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ha diterima dan H<sub>0</sub> ditolak. Oleh karena itu, ada pengaruh pembelajaran kooperatif STAD terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VII MTs Al-Hidayah Miru Lamongan khususnya materi pemanasan global.</p> <p><strong>K</strong><strong>a</strong><strong>ta Kunci: </strong>Pembelajaran Kooperatif, Model STAD, Hasil Belajar</p> 2022-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/ed-humanistics/article/view/2520 ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN BUKU SAKU TATA PENULISAN TUGAS AKHIR MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI 2022-06-15T08:00:53+00:00 Julananda Putri Sahasti julananda@walisongo.ac.id <p>Tugas akhir merupakan salah satu prasyarat kelulusan bagi setiap mahasiswa. Ada beberapa bentuk tugas akhir yang dapat ditempuh oleh mahasiswa. Bagi mahasiswa jenjang Strata 1 (S1), umumnya tugas akhir yang dibuat oleh mahasiswa adalah dalam bentuk skripsi. Di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang, masih banyak ditemukan kesalahan berbahasa pada tugas akhir mahasiswa. Hal inilah yang mendorong peneliti melakukan analisis kebutuhan pengembangan buku saku tata penulisan tugas akhir mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan pengembangan buku saku tata penulisan tugas akhir mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang. Metode penelitian ini adalah kualitatif melalui survei. Survei dilakukan di Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Responden penelitian ini berjumlah 70 orang yang terdiri atas dosen dan mahasiswa dari berbagai Program Studi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September - Oktober 2021.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>analisis kebutuhan, buku saku, penulisan tugas akhir</p> 2022-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/ed-humanistics/article/view/2522 PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS GROUP INVESTIGATION PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP 2022-06-15T08:00:31+00:00 Baiq Afifatul Adiyani baiqafifatuladiyani@gmail.com Nindha Ayu Berlianti nindhaayuberlianti@yahoo.com <p>Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan LKPD berbasis <em>group investigation </em>materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP dan mengetahui kelayakan LKPD sebagai bahan ajar. Jenis penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu: <em>Analysis, Desain, Development, Implementation dan Evaluation. </em>Akan tetapi pada penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap ketiga yaitu tahap pengembangan (<em>Development).</em> Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi dan lembar kepraktisan yang berupa angket respon peserta didik. Lembar validasi digunkan untuk mengetahui kualitas LKPD yang dikembangkan, sedangkan lembar angket respon peserta didik digunakan untuk mengetahui seberapa besar respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan. Hasil penelitian ini adalah produk berupa LKPD berbasis <em>group investigation </em>materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP. Dari hasil analisis instrument validasi LKPD, LKPD yang dikembangkan berkategori sangat valid dengan tingkat kevalidan 87, 41%. Tingkat kepraktisan LKPD yang diperoleh dari penilaian peserta didik sebesar 90, 98% dengan kategori sangat praktis. LKPD berbasis <em>group</em> <em>investigation </em>dalam penelitian ini layak di implmentasikan.</p> <p><strong>K</strong><strong>a</strong><strong>ta Kunci: </strong>Lembar kerja peserta didik (LKPD), <em>Group investigation, </em>pencemaran lingkungan</p> 2022-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan