PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN PhET TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI MOLARITAS

Authors

  • Indrawati SMA Negeri 10 Kota Jambi

DOI:

https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v5i1.706

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan posttest only design. Pengambilan data dilakukan dengan tes penguasaan konsep sebanyak 20 soal setelah diberikan perlakuan pada 3 kelompok kelas. Kelompok pertama adalah siswa yang belajar dengan pembelajaran problem solving berbantuan PhET, kelompok kedua adalah siswa yang belajar dengan pembelajaran problem solving, dan kelompok ketiga adalah siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Sebelum diberikan perlakuan dan pengambilan data, instrumen penelitian yang digunakan telah melalui uji ahli dan uji coba. Teknik analisis data menggunakan uji Manova satu jalur dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan penguasaan konsep antara siswa yang belajar dengan pembelajaran problem solving berbantuan PhET, pembelajaran problem solving, dan pembelajaran konvensional. Perbedaan ini disebabkan adanya proses pembelajaran yang berbeda antara ketiga kelompok kelas. Penguasaan konsep siswa yang menggunakan pembelajaran problem solving berbantuan PhET lebih tinggi dari siswa yang menggunakan pembelajaran problem solving dan pembelajaran konvensional

Kata Kunci: Problem Solving, PhET, Molaritas, Penguasaan Konsep

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-04-30

How to Cite

Indrawati. (2020). PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN PhET TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI MOLARITAS. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 652–655. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v5i1.706