PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE AHE DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LAYANAN PENGUASAAN KONTEN
DOI:
https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v5i1.704Abstract
Pendidikan Anak Usia Dini merupakan salah satu bentuk pendidikan prasekolah yang bertujuan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani siswa diluar lingkungan keluarga sebelum memasuki pendidikan dasar. Adanya tuntutan Sekolah Dasar dan tidak diperbolehkannya siswa TK diajarkan membaca membuat khawatir beberapa orang tua yang menginginkan pendidikan terbaik untuk anaknya, mengenai hal tersebut lembaga bimbingan belajar Anak Hebat (AHE ) Cendekia Padang memberikan solusi masalah orang tua tersebut untuk keperluan pendidikan anaknya, lembaga ini memberikan bimbingan belajar membaca menggunakan metode Anak Hebat (AHE). AHE ini adalah metode membaca yang memberikan beberapa langkah efektif untuk membimbing anak dalam kegiatan belajar membaca dan mengaitkannya dengan layanan penguasaan konten. Layanan penguasaan konten ini bertujuan agar siswa mengembangkan diri berkenaan dengan sikap dan belajar yang baik dengan materi pelajaran yang sesuai dengan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca anak dengan menggunakan metode AHE dan implikasinya terhadap layanan penguasaan konten. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Responden sebanyak 10 orang anak. Adapun hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca anak dengan menggunakan metode AHE dan Implikasinya Terhadap Layanan Penguasaan Konten.
Kata Kunci: Kemampuan membaca, anak, Metode AHE, Layanan penguasaan konten
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).