PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE AHE DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LAYANAN PENGUASAAN KONTEN

Authors

  • Dyla Fajhriani. N Bimbingan dan Konseling Islam, FDIK, UIN Imam Bonjol Padang
  • Febriyeni Nasrul Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana UNP Padang

DOI:

https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v5i1.704

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini merupakan salah satu bentuk pendidikan prasekolah yang bertujuan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani siswa diluar lingkungan keluarga sebelum memasuki pendidikan dasar. Adanya tuntutan Sekolah Dasar dan tidak diperbolehkannya siswa TK diajarkan membaca membuat khawatir beberapa orang tua yang menginginkan pendidikan terbaik untuk anaknya, mengenai hal tersebut lembaga bimbingan belajar Anak Hebat (AHE ) Cendekia Padang memberikan solusi masalah orang tua tersebut untuk keperluan pendidikan anaknya, lembaga ini memberikan bimbingan belajar membaca menggunakan metode Anak Hebat (AHE). AHE ini adalah metode membaca yang memberikan beberapa langkah efektif untuk membimbing anak dalam kegiatan belajar membaca dan mengaitkannya dengan layanan penguasaan konten. Layanan penguasaan konten ini bertujuan agar siswa mengembangkan diri berkenaan dengan sikap dan belajar yang baik dengan materi pelajaran yang sesuai dengan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca anak dengan menggunakan metode AHE dan implikasinya terhadap layanan penguasaan konten. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif  melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Responden sebanyak 10 orang anak. Adapun  hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca anak dengan menggunakan metode AHE dan Implikasinya Terhadap Layanan Penguasaan Konten.

Kata Kunci: Kemampuan membaca, anak,  Metode AHE, Layanan penguasaan konten

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-04-30

How to Cite

Dyla Fajhriani. N, & Febriyeni Nasrul. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE AHE DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LAYANAN PENGUASAAN KONTEN. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 638–644. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v5i1.704