PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPS SMP BERBASIS MASALAH TEMA PERKEMBANGAN PESISIR PAITON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Fika Anjana Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Tarbiyah, Institut Ilmu Keislaman Zainul Hasan Genggong

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk menganalisis validitas pengembangan perangkat pembelajaran IPS SMP berbasis masalah dengan tema perkembangan kawasan Pesisir Paiton untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan menganalisis keefektifan pengembangan perangkat pembelajaran IPS SMP berbasis masalah dengan tema perkembangan kawasan Pesisir Paiton untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis Penelitian ini ialah R & D. Penelitian ini memiliki tiga tahap yang mengacu pada desain instruksional 4-D oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh produk perangkat pembelajaran yang akan divalidasi oleh tim ahli dan kemudian direvisi untuk mendapatkan perangkat pembelajaran yang valid, produk ini juga diuji cobakan di kelas untuk mengetahui keefektifan dari perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Pengumpulan data penelitian ini diperoleh melalui observasi, tes, dan angket. Data hasil penelitian diperoleh sebagai berikut. Validitas perangkat pembelajaran yang meliputi hasil validasi RPP memiliki rata-rata 3.78 (kategori valid), hasil validasi Modul memiliki rata-rata 3.73 (kategori valid), hasil validasi LKS memiliki rata-rata 3.78 (kategori valid), hasil validasi alat evaluasi memiliki rata-rata 3.79 (kategori valid). Ketiga pelaksanaan pembelajaran mencapai rata-rata 3.44 (kategori sangat efektif). Hasil belajar kompetensi sikap spiritual memperoleh rata-rata 3.61 (kategori sangat baik dan sangat efektif), kompetensi sikap sosial memperoleh rata-rata sebesar 3.51 (kategori sangat baik dan sangat efektif), kompetensi pengetahuan memperoleh rata-rata 65.71 pada nilai pre test dan 84.6 pada nilai post test. Kompetensi keterampilan memperoleh rata-rata 2.76 (efektif) pada argumentasi invidu, dan 3.1 (sangat efektif) pada penugasan LKS, sedang penugasan Mind map memperoleh 3 (sangat efektif). Respon Siswa terhadap pembelajaran IPS dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah secara umum tergolong sangat positif. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran IPS SMP berbasis masalah dengan tema perkembangan kawasan Pesisir Paiton memiliki tingkat validitas dan keefektifan yang baik untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMPN 1 Paiton.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Tema Perkembangan Kawasan Pesisir Paiton, Hasil Belajar Siswa.

Published
2020-04-30