PENGARUH GENDER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP DARUL ULUM 5 JOMBANG MATA PELAJARAN IPA MATERI PEMANASAN GLOBAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING

  • Nurul Lathifatul Hakimah Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Nur Kuswanti Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Andri Wahyu Wijayadi Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gender terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Darul Ulum 5 Jombang mata pelajaran IPA materi Pemanasan Global menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan metode true experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Darul Ulum 5 Jombang pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A (putri) dan kelas VII B (putra) SMP Darul Ulum 5 Jombang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu metode tes, observasi dan angket. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes (posttest), lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan angket respon siswa. Hasil uji hioptesis menggunakan independent sample t-test dengan SPSS’25 menunjukkan bahwa posttest kelas putri dan putra diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang menunjukkan Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil uji-t tersebut terdapat pengaruh gender terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Darul Ulum 5 Jombang mata pelajaran IPA materi Pemanasan Global menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran kelas gender menggunakan model pembelajaran Discovery Learning materi Pemanasan Global kelas VII di SMP Darul Ulum 5 Jombang terlaksana dengan sangat baik, persentase nilai rata-rata keterlaksanaan pembelajaran pertemuan pertama kelas putri 98,5% dan terlaksana 97% pada kelas putra, sedangkan persentase pada pertemuan kedua dan ketiga kedua kelas gender sebesar 100%. Pembelajaran IPA materi Pemanasan Global dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning respon positif siswa kelas putri sebesar 89,2% dan 91,4% oleh kelas putra dengan kriteria sangat baik.

Kata Kunci: Gender, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran IPA, Discovery Learning.

Published
2020-04-30