PENINGKATAN KREATIVITAS MAHASISWA PGSD ANGKATAN 2018 DALAM MENDESAIN RPP K-13 MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL PADA TAHUN 2018 TEBUIRENG–JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v4i1.352Abstract
Abstrak
Belajar merupakan suatu proses perubahan kegiatan dan reaksi terhadap lingkungan. Perubahan
kegiatan yang dimaksud mencakup pengetahuan, kecakapan dan tingkah laku. Perubahan itu
diperoleh melalui pengalaman (latihan) bukan dengan sendirinya berubah karena kematangan
atau keadaan sementara. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan
menyusun RPP dengan menggunakan pendekatan Contekstual Teaching And Learning (CTL)
bagi mahasiswa PGSD angkatan 2018 Peningkatan tersebut diharapkan terjadi pada tahap-tahap
menyusun dimulai pramenyusun, Saat menyusun dan pasca menyusun RPP. Metode penelitian
yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunkan rancangan penelitian tindakan,
yang disusun dalam satuan siklus dengan sistem berulang. Setiap siklus berisi aktivitas
pembelajaran pramenyusun, saat menyusun, dan pasca menyusun melalui perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil refleksi digunakan sebagai dasar untuk perbaikan
pembelajaran pada siklus berikutnya. Data penelitian diperoleh dari hasil pengamatan, catatan
lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kreativitas
penyusunan RPP pada mahasiswa PGSD angkatan 2018. Peningkatan kreativitas penyusunan
pramenyusun RPP tercermin pada semakin tepat mengidentifikasi dan memahami struktur RPP.
Pada saat menyusun RPP kemampuan mahasiswa meningkat. Peningkatan tersebut tercermin
dalam penggunaan multistrategi mengajar yang kreatif dan inovatif dan mensimulasikan
didepan kelas.
Kata kunci: Perencanaan pembelajaran, Pendekatan CTL dan Struktur RPP
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).