PENINGKATAN KREATIVITAS MAHASISWA PGSD ANGKATAN 2018 DALAM MENDESAIN RPP K-13 MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL PADA TAHUN 2018 TEBUIRENG–JOMBANG

  • M. Bambang Edi Siswanto Prodi PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hasyim Asy’ari

Abstract

Abstrak
Belajar merupakan suatu proses perubahan kegiatan dan reaksi terhadap lingkungan. Perubahan
kegiatan yang dimaksud mencakup pengetahuan, kecakapan dan tingkah laku. Perubahan itu
diperoleh melalui pengalaman (latihan) bukan dengan sendirinya berubah karena kematangan
atau keadaan sementara. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan
menyusun RPP dengan menggunakan pendekatan Contekstual Teaching And Learning (CTL)
bagi mahasiswa PGSD angkatan 2018 Peningkatan tersebut diharapkan terjadi pada tahap-tahap
menyusun dimulai pramenyusun, Saat menyusun dan pasca menyusun RPP. Metode penelitian
yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunkan rancangan penelitian tindakan,
yang disusun dalam satuan siklus dengan sistem berulang. Setiap siklus berisi aktivitas
pembelajaran pramenyusun, saat menyusun, dan pasca menyusun melalui perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil refleksi digunakan sebagai dasar untuk perbaikan
pembelajaran pada siklus berikutnya. Data penelitian diperoleh dari hasil pengamatan, catatan
lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kreativitas
penyusunan RPP pada mahasiswa PGSD angkatan 2018. Peningkatan kreativitas penyusunan
pramenyusun RPP tercermin pada semakin tepat mengidentifikasi dan memahami struktur RPP.
Pada saat menyusun RPP kemampuan mahasiswa meningkat. Peningkatan tersebut tercermin
dalam penggunaan multistrategi mengajar yang kreatif dan inovatif dan mensimulasikan
didepan kelas.
Kata kunci: Perencanaan pembelajaran, Pendekatan CTL dan Struktur RPP

Published
2019-04-07