PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MASTERY LEARNING DAN REACT DALAM MENGOPTIMALKAN PENGUASAAN KONSEP
DOI:
https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v4i1.346Abstract
Abstrak
IPA merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi PGMI, Namun mahasiswa PGMI tidak
semuanya berasal dari lulusan SMA/SMK IPA. Oleh karena itu dalam mengajarkan IPA
diperlukan konsep pembelajaran tertentu agar seluruh mahasiswa dapat menguasai konsepkonsep
yang
telah
dipelajarinya.
Pada
penelitian
ini
akan
diujikan
keefektifan
Mastery
Learning
dan
REACT terhadap penguasaan konsep mahasiswa. Data yang dihasilkan dari penelitian ini
adalah data penguasaan konsep mahasiswa yang telah mengalami pembelajaran Mastery
Learning dan REACT selama 4 pertemuan berturut-turut. Hasil penelitian yang didapatkan
berdasarkan hasil tes penguasaan konsep yaitu pembelajaran IPA dengan Mastery Learning
lebih efektif daripada REACT. Analisis yang dilakukan yaitu dengan menggunakan ANAVA
dan Uji lanjut yaitu Uji Scheffe. Berdasarkan hasil ANAVA diperoleh hasil Fhitung > Ftabel yaitu
4,19 > 4,04 sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan penguasaan konsep mahasiswa
yang mengalami pembelajaran menggunakan Mastery Learning dengan mahasiswa yang
mengalami pembelajaran menggunakan REACT. Selanjutnya, untuk mengetahui lebih efektif
mana antara Mastery Learning dan REACT maka dilakukan uji lanjut yaitu uji Scheffe. Hasil uji
Scheffe untuk penguasaan konsep mahasiswa menunjukkan bahwa t (2,047) > t kritis (2,009),
maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi pembelajaran IPA dengan Mastery Learning terbukti
lebih efektif daripada pembelajaran IPA dengan REACT terhadap penguasaan konsep
mahasiswa.
Kata Kunci: Penguasaan Konsep, Pembelajaran Fisika, Mastery Learning, REACT
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).