PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MASTERY LEARNING DAN REACT DALAM MENGOPTIMALKAN PENGUASAAN KONSEP

Authors

  • Faninda Novika Pertiwi Dosen IAIN Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v4i1.346

Abstract

Abstrak
IPA merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi PGMI, Namun mahasiswa PGMI tidak
semuanya berasal dari lulusan SMA/SMK IPA. Oleh karena itu dalam mengajarkan IPA
diperlukan konsep pembelajaran tertentu agar seluruh mahasiswa dapat menguasai konsepkonsep
yang
telah
dipelajarinya.
Pada
penelitian
ini
akan
diujikan
keefektifan
Mastery
Learning

dan

REACT terhadap penguasaan konsep mahasiswa. Data yang dihasilkan dari penelitian ini
adalah data penguasaan konsep mahasiswa yang telah mengalami pembelajaran Mastery
Learning dan REACT selama 4 pertemuan berturut-turut. Hasil penelitian yang didapatkan
berdasarkan hasil tes penguasaan konsep yaitu pembelajaran IPA dengan Mastery Learning
lebih efektif daripada REACT. Analisis yang dilakukan yaitu dengan menggunakan ANAVA
dan Uji lanjut yaitu Uji Scheffe. Berdasarkan hasil ANAVA diperoleh hasil Fhitung > Ftabel yaitu
4,19 > 4,04 sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan penguasaan konsep mahasiswa
yang mengalami pembelajaran menggunakan Mastery Learning dengan mahasiswa yang
mengalami pembelajaran menggunakan REACT. Selanjutnya, untuk mengetahui lebih efektif
mana antara Mastery Learning dan REACT maka dilakukan uji lanjut yaitu uji Scheffe. Hasil uji
Scheffe untuk penguasaan konsep mahasiswa menunjukkan bahwa t (2,047) > t kritis (2,009),
maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi pembelajaran IPA dengan Mastery Learning terbukti
lebih efektif daripada pembelajaran IPA dengan REACT terhadap penguasaan konsep
mahasiswa.
Kata Kunci: Penguasaan Konsep, Pembelajaran Fisika, Mastery Learning, REACT

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-04-07

How to Cite

Pertiwi, F. N. (2019). PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MASTERY LEARNING DAN REACT DALAM MENGOPTIMALKAN PENGUASAAN KONSEP. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v4i1.346