PENINGKATAN PEMAHAMAN MAHASISWA PGSD UNHASY DENGAN METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN SENI MUSIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG

Authors

  • Desty Dwi Rochmania Prodi. PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hasyim Asy’ari

Keywords:

pemahaman mahasiswa, model pembelajaran langsung, metode cooperative script

Abstract

Abstrak Penulisan artikel ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa pgsd unhasy dengan metode cooperative script pada mata kuliah pendidikan seni musik melalui penerapan model pembelajaran langsung pada semester ganjil 2015/2016. Buruknya kualitas belajar dan pemahaman mahasiswa serta minimnya mahasiswa mendapatkan nilai baik dan sangat baik memberikan indikasi bahwa proses pembelajaran yang diterapkan selama ini belum bisa memberikan makna bagi mahasiswa. Agar perkuliahan menjadi lebih produktif perlu dilakukan inovasi desain dan strategi pembelajaran/ perkuliahan dengan menerapkan model pembelajaran langsung menggunakan metode Cooperative Script dimana model pembelajaran ini lebih penekanan di latihan-latihan yaitu latihan terstruktur, latihan terpimpin dan latihan bebas, kepada mahasiswa secara berpasangan, sehingga memungkinkan mahasiswa dapat  penguasaan secara maksimal. mahasiswa semester 3 tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 45 orang dengan 1 dosen merupakan subjek dari penelitian ini. Penulisan ini memiliki tiga siklus pertemuan, dimana tiga siklus tersebut terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Kegiatan penulisan ini diawali dengan mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi dosen dalam melaksanakan pembelajaran untuk menentukan tindakan yang dipilih dengan menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode Cooperative Script, maka dilaksanakan penulisan tindakan kelas siklus pertama, dilanjutkan siklus kedua, dan diakhiri siklus ketiga. Hasil yang diperoleh dari hasil tes untuk mahasiswa semuanya dilaporkan secara deskriptif kualitatif. Secara umum hasilnya menunjukkan perkuliahan dengan model pembelajaran langsung metode Cooperative Script dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa yang dapat diukur dari nilai dan tingkat keberhasilan belajarnya peningkatan hasil belajar dari siklus pertama hingga siklus ketiga. Pada akhir siklus ketiga semua indikator dapat tercapai sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran langsung proses perkuliahan dan hasil belajar mahasiswa dapat meningkat. Disarankan kepada dosen untuk memvariasikan strategi dan model pembelajarannya, sedangkan untuk mahasisw sebaiknya lebih rajin dalam mengerjakan latihan/tugas yang diberikan dosen. Kata Kunci: pemahaman mahasiswa, model pembelajaran langsung, metode cooperative script
Abstract The writing of this article aims to improve the understanding of PGSD Unhasy students with cooperative script method in music arts education courses through the application of direct learning models in the odd semester of 2015/2016. The poor quality of learning and understanding of students and the lack of students getting good and very good grades provide an indication that the learning process applied so far has not been able to give meaning to students. In order for lectures to be more productive it is necessary to design innovations and learning strategies / lectures by applying direct learning models using the Cooperative Script method where this learning model emphasizes more on exercises that are structured exercises, guided training and free practice, to students in pairs, allowing students can have maximum mastery. students in semester 3 of the 2015/2016 academic year totaling 45 people with 1 lecturer were the subjects of this study. This writing has three cycles of meeting, where the three cycles consist of three stages, namely planning, implementing, evaluating and reflecting. This writing activity begins with identifying problems faced by the lecturer in carrying out learning to determine the actions chosen by using the direct learning model with the Cooperative Script method, then the writing of the first cycle class actions, followed by the second cycle, and ended the third cycle. The results obtained from the test results for students were all reported in qualitative descriptive. In general the results show lectures with a direct learning method of Cooperative Script methods can improve student understanding that can be measured by the value and success rate of learning to improve learning outcomes from the first cycle to the third cycle. At the end of the third cycle all indicators can be achieved so that it can be concluded that by using the direct learning model of the lecture process and student learning outcomes can increase. It is suggested to the lecturers to vary their learning strategies and models, while for students it should be more diligent in doing the exercises / assignments given by the lecturer. Keywords: student understanding, direct learning model, cooperative script method

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-11-17

How to Cite

Dwi Rochmania, D. (2018). PENINGKATAN PEMAHAMAN MAHASISWA PGSD UNHASY DENGAN METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN SENI MUSIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/ed-humanistics/article/view/309

Issue

Section

Artikel