PEMBELAJARAN PUISI RAKYAT SUMBAWA DENGAN STRATEGI KUANTUM

Authors

  • - Sukiman Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Bilffath Lamongan

Keywords:

Pembelajaran, Puisi Rakyat Sumbawa, Strategi Kuantum

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan hasil belajar siswa terhadap materi puisi
rakyat Sumbawa dengan strategi kuantum. Untuk mengetahui perubahan hasil tersebut dilakukan
sebuah eksperimen dengan desain One-Grup Pretest-Posttest Design. Rata-rata hasil pretes
siswa hanya 67,9 sedangkan hasil pembelajaran puisi rakyat Sumbawa dengan menggunakan
strategi kuantum rata-rata nilai siswa sebesar 80,6. Perbedaan rata-rata antara pretes dan postes
menunjukkan adanya perubahan yang cukup signifikan antara hasil belajar siswa dengan
menggunakan strategi kuantum. Perubahan tersebut terjadi karena suasana pembelajaran yang
nyaman dan menyenangkan serta sumber belajar yang dekat dengan kehidupan siswa.
Kata Kunci: Pembelajaran, Puisi Rakyat Sumbawa, Strategi Kuantum

 

Abstract
This study aims to determine changes in student learning outcomes to the material of the
people's poetry Sumbawa with quantum strategy. To know the change of result is done an
experiment with design of One-Group Pretest-Posttest Design. The average of pretest result of
students is only 67,9 whereas the result of learning of people poetry of Sumbawa by using
quantum strategy of student value average equal to 80,6. The average difference between pretest
and postes shows that there is a significant change between student learning outcomes by using
quantum strategies. These changes occur because of a comfortable and enjoyable learning
atmosphere and learning resources that are close to student life.
Keywords: Learning, People's Poetry Sumbawa, Quantum Strategy

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-05-05

How to Cite

Sukiman, .-. (2018). PEMBELAJARAN PUISI RAKYAT SUMBAWA DENGAN STRATEGI KUANTUM. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1). Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/ed-humanistics/article/view/257

Issue

Section

Artikel