PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS GROUP INVESTIGATION PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP

Authors

  • Baiq Afifatul Adiyani Program Studi Pendidikan IPA, FIP, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Nindha Ayu Berlianti Program Studi Pendidikan IPA, FIP, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

DOI:

https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v7i1.2522

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan LKPD berbasis group investigation materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP dan mengetahui kelayakan LKPD sebagai bahan ajar. Jenis penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu: Analysis, Desain, Development, Implementation dan Evaluation. Akan tetapi pada penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap ketiga yaitu tahap pengembangan (Development). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi dan lembar kepraktisan yang berupa angket respon peserta didik. Lembar validasi digunkan untuk mengetahui kualitas LKPD yang dikembangkan, sedangkan lembar angket respon peserta didik digunakan untuk mengetahui seberapa besar respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan. Hasil penelitian ini adalah produk berupa LKPD berbasis group investigation materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP. Dari hasil analisis instrument validasi LKPD, LKPD yang dikembangkan berkategori sangat valid dengan tingkat kevalidan 87, 41%. Tingkat kepraktisan LKPD yang diperoleh dari penilaian peserta didik sebesar 90, 98% dengan kategori sangat praktis. LKPD berbasis group investigation dalam penelitian ini layak di implmentasikan.

Kata Kunci: Lembar kerja peserta didik (LKPD), Group investigation, pencemaran lingkungan

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-04-30

How to Cite

Baiq Afifatul Adiyani, & Nindha Ayu Berlianti. (2022). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS GROUP INVESTIGATION PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 894–900. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v7i1.2522