STUDI KOMPARATIF MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN SUKOWIDI 01 DAN SDN SUKOWIDI 02 KECAMATAN NGUNTORONADI KABUPATEN MAGETAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Arni Gemilang Harsanti

Abstract

Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan mata pelajaran yang terintegrasi dari beberapa mata pelajaran ilmu sosial yang dirumuskan atas dasar realitas dan fenomena sosial yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan pendidikan. Dalam proses pembelajaran IPS sering dijumpai nilai hasil belajar siswa yang masih rendah. Guru memerlukan sebuah penerapan model pembelajaran yang bervariasi agar dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis metode penelitian eksperimen yang menggunakan desain pasca tes subjek acak dua kelompok. Desain ini merupakan salah satu desain yang paling sederhana dalam eksperimen dan paling kuat dari semua desain eksperimen. Dua kelompok subjek yang dipilih secara acak, masing-masing di tempatkan dalam kondisi yang berbeda. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes. Analisis data menggunakan metode statistik dengan rumus uji-t. Berdasarkan uji t di peroleh nilai thitung =5,194 dan nilai ttabel=1,725, maka thitung > ttabel, maka sesuai dengan kriteria perhitungan tersebut mengindikasikan bahwa H1 di terima dan H0 ditolak. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat dilihat bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran NHT (Number Head Together) dan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division Kata Kunci : NHT (Number Head Together), STAD (Student Team Achievement Division), Hasil Belajar IPS

The subject of Social Sciences is an integrated subject of several social science subjects formulated on the basis of reality and social phenomena organized and presented scientifically and psychologically for educational purposes. In the learning process IPS often found the value of student learning outcomes are still low. Teachers need an application of varied learning models in order to improve IPS learning outcomes. This research is a quantitative research with type of experimental research method using posttest designof two random subject subjects. This design is one of the simplest designs in experiments and the most powerful of all experimental designs. Two randomly selected subject groups, each placed in different conditions. Technique of collecting data by using test. Data analysis using statistical method with t-test formula. Based on the t test obtained tcount = 5.194 and tTabel = 1.725, thus thitung> tTabel, then in accordance with the calculation criteria indicates that H1 received and H0 rejected. Based on the calculation can be seen that there are significant differences between students who were taught using NHT (Number Head Together) learning model and students taught using STAD learning model (Student Team Achievement Division Keywords: NHT (Number Head Together), STAD (Student Team Achievement Division), Learning Results IPS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.