UPAYA PENINGKATAN KUALITAS MENULIS DAN BERDISKUSI PADA MATA KULIAH BAHASA INDONESIA MAHASISWA PRODI AKUNTANSI UNIVERSITAS HASYIM ASY’ARI JOMBANG DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas menulis dan berdiskusi peserta didik melalui penerapan teknik metode dan strategi pembelajaran yang variatif serta kontekstual. Variatif yang berarti menggunakan metode yang beraneka ragam sehingga tidak membosankan, dan kontekstual berarti metode yang digunakan sangat familiar dilingkungan mahasiswa dan salah satu metode yang dapat digunakan serta memenuhi kedua syarat tersebut adalah metode pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) yang bertujuan untuk memperbaiki kekuarangankekurangan dalam pembelajaran di kelas. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan pada penelitian ini adalah model spiral yang tahapan penelitiannya dibagi menjadi empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dan seterusnya hingga perbaikan atau peningkatan yang diharapkan tercapai, sedangkan subjek penelitian adalah mahasiswa jurusan Akuntansi Universitas Hasyim Asy’ari yang mengikuti mata kuliah bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa perkuliahan bahasa Indonesia dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) yang dapat meningkatkan pemahaman bahasa Indonesia mahasiswa prodi Akuntansi Universitas Hasyim Asy’ari Tebu Ireng Jombang melalui tahapan-tahapan dari presentasi kelas, kelompok diskusi, kuis dan penghargaan kelompok. Kata kunci : Kualitas menulis, berdiskusi, pembelajaran variatifDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2017-04-26
How to Cite
Sari, R. H. (2017). UPAYA PENINGKATAN KUALITAS MENULIS DAN BERDISKUSI PADA MATA KULIAH BAHASA INDONESIA MAHASISWA PRODI AKUNTANSI UNIVERSITAS HASYIM ASY’ARI JOMBANG DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD). Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1). Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/ed-humanistics/article/view/159
Issue
Section
Artikel
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).