UPAYA PENINGKATAN KUALITAS MENULIS DAN BERDISKUSI PADA MATA KULIAH BAHASA INDONESIA MAHASISWA PRODI AKUNTANSI UNIVERSITAS HASYIM ASY’ARI JOMBANG DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)

Raras Hafiidha Sari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas menulis dan berdiskusi peserta didik melalui penerapan teknik metode dan strategi pembelajaran yang variatif serta kontekstual. Variatif yang berarti menggunakan metode yang beraneka ragam sehingga tidak membosankan, dan kontekstual berarti metode yang digunakan sangat familiar dilingkungan mahasiswa dan salah satu metode yang dapat digunakan serta memenuhi kedua syarat tersebut adalah metode pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) yang bertujuan untuk memperbaiki kekuarangankekurangan dalam pembelajaran di kelas. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan pada penelitian ini adalah model spiral yang tahapan penelitiannya dibagi menjadi empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dan seterusnya hingga perbaikan atau peningkatan yang diharapkan tercapai, sedangkan subjek penelitian adalah mahasiswa jurusan Akuntansi Universitas Hasyim Asy’ari yang mengikuti mata kuliah bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa perkuliahan bahasa Indonesia dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) yang dapat meningkatkan pemahaman bahasa Indonesia mahasiswa prodi Akuntansi Universitas Hasyim Asy’ari Tebu Ireng Jombang melalui tahapan-tahapan dari presentasi kelas, kelompok diskusi, kuis dan penghargaan kelompok. Kata kunci : Kualitas menulis, berdiskusi, pembelajaran variatif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.