PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN BERKARAKTER
Abstract
Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimanakah pengembangan perangkat pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis pendidikan berkarakter di SMP?”. Dari rumusan masalah di atas, dapat dijabarkan beberapa rumusan khusus sebagai berikut. 1) Bagaimanakah proses pengembangan perangkat pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis pendidikan berkarakter di SMP? Dan 2) Bagaimanakah kualitas pengembangan perangkat pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis pendidikan berkarakter di SMP?. Rancangan penelitian dan pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model pengembangan pembelajaran Bela H. Banathy. Perincian simpulan penelitian ini: silabus 90%, penilaian 94%, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) 89,81%, dan buku siswa 85,38%. Rata-rata skor validasi perangkat adalah 90%. Kualitas perangkat pembelajaran teks prosedur diperoleh dari nilai kevalidan, kepraktsan, dan keefektifan. Rata-rata nilai kevalidan perangkat pembelajaran 90%, artinya nilai kevalidan perangkat termasuk pada kategori sangat baik. Nilai kepraktisan diperoleh dari hasil keterlaksanaan RPP 94,21%, respon guru 93%, dan respon siswa 88,14%. Dengan demikian rata-rata nilai kepraktisan berada dalam kategori sangat praktis. Selanjurnya hasil data keefektifan, diperoleh dari nilai aktivitas guru 93,8%, aktivitas siswa 87,9%, dan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 100%, dan dinyatakan tuntas. Kata-Kata Kunci: perangkat pembelajaran, berkarakter, teks cerita fabelDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2017-04-26
How to Cite
Fadli, R. I. (2017). PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN BERKARAKTER. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1). Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/ed-humanistics/article/view/158
Issue
Section
Artikel
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).