PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN BERKARAKTER

Authors

  • Rusli Ilham Fadli Dosen PBSI FIP Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimanakah pengembangan perangkat pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis pendidikan berkarakter di SMP?”. Dari rumusan masalah di atas, dapat dijabarkan beberapa rumusan khusus sebagai berikut. 1) Bagaimanakah proses pengembangan perangkat pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis pendidikan berkarakter di SMP? Dan 2) Bagaimanakah kualitas pengembangan perangkat pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis pendidikan berkarakter di SMP?. Rancangan penelitian dan pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model pengembangan pembelajaran Bela H. Banathy. Perincian simpulan penelitian ini: silabus 90%, penilaian 94%, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) 89,81%, dan buku siswa 85,38%. Rata-rata skor validasi perangkat adalah 90%. Kualitas perangkat pembelajaran teks prosedur diperoleh dari nilai kevalidan, kepraktsan, dan keefektifan. Rata-rata nilai kevalidan perangkat pembelajaran 90%, artinya nilai kevalidan perangkat termasuk pada kategori sangat baik. Nilai kepraktisan diperoleh dari hasil keterlaksanaan RPP 94,21%, respon guru 93%, dan respon siswa 88,14%. Dengan demikian rata-rata nilai kepraktisan berada dalam kategori sangat praktis. Selanjurnya hasil data keefektifan, diperoleh dari nilai aktivitas guru 93,8%, aktivitas siswa 87,9%, dan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 100%, dan dinyatakan tuntas. Kata-Kata Kunci: perangkat pembelajaran, berkarakter, teks cerita fabel

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-04-26

How to Cite

Fadli, R. I. (2017). PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN BERKARAKTER. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1). Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/ed-humanistics/article/view/158

Issue

Section

Artikel