PENGARUH PENERAPAN METODE INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN KEMUNING

Arie Widya Murni

Abstract

Penelitian tentang penerapan metode inkuiri yang dilakukan oleh penulis pada siswa kelas V SDN Kemuning, dengan tujuan ingin mengetahui pengaruh penerapan metode inkuiri terhadap keterampilan pemecahan masalah dan penguasaan konsep dilihat dari proses pembelajaran, penerapan metode inkuiri terhadap keterampilan pemecahan masalah, penerapan metode inkuiri terhadap penguasaan konsep, dan respon siswa terhadap penerapan metode inkuiri.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen. Design penelitian yang digunakan yaitu one group pre-test and post-test design. Design penelitian ini menempuh tiga langkah, yakni dimulai dari memberikan tes awal, memberikan perlakuan, dan memberikan tes akhir. Berdasarkan hasil yang diperoleh. Diketahui persentase penerapan metode inkuiri sebesar 86,8%. Hasil penguasaan konsep siswa nilai rata-rata pretes 70,32 standar deviasi 17,52 sedangkan untuk postes nilai rata-rata 84,59 standar deviasi 12,30. Uji beda nilai pretes dan postes penguasaan konsep ditemukan nilai t hitung 10,183>nilai t 2,04. Hasil keterampilan pemecahan masalah nilai rata-rata pretes 50,48 standar deviasi 9,09, sedangkan untuk postes nilai rata-rata 91,01 standar deviasi 3,63. Uji beda nilai pretes dan postes keterampilan pemecahan masalah ditemukan nilai t hitung 23,13>nilai t tabel tabel 2,04. Penerapan metode inkuiri sangat bermanfaat bagi siswa, khususnya pada mata pelajaran IPA untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan penguasaan konsep. Kata kunci : Metode inkuiri, keterampilan pemecahan masalah, pemahaman konsep

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.