MULTIKULTURAL DALAM NOVEL RELIGI SASTRA INDONESIA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER

Authors

  • Haris Supratno Jurusan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang multikultural, yang terdiri atas berbagai suku bangsa, ras, tradisi, agama, dan budaya yang berbeda-beda. Namun, perbedaan tersebut merupakan bentuk keanekaragaman yang saling melengkapai, sehingga memperkaya khasanah kebudayaan Indonesia. Meskipun bangsa Indonesia merupakan bagsa yang multikultural, tetapi bisa hidup saling berdampingan, saling menghormati, saling mengahargai, dan saling toleransi, sehingga masyarakat dapat hidup damai dan berhagagia tanpa memandang adanya perbedaan suku bangsa, ras, tradisi, dan agama.
Dalam novel Ayat-Ayat Cinta dan Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy banyak mengkonstruksikan multikultural dalam perspektif Islam, artinya dalam novel tersebut banyak digambarkan aktivitas, perilaku, dan tutur bahasa yang mencerminkan multikultural para tokohnya. Meskipun mereka berbeda bangsa, ras, budaya, dan agama, namun bisa hidup saling berdampingan, saling menGhormati, saling toleran, dan saling menolong satu sama lain bagi yang membutuhkan pertolongan tanpa memandang, suku bangsa, ras, budaya, dan agama. Mereka menolong demi menjalankan perintah Allah SWT.
Kata Kunci: Multikultural, perspektif, dan Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

Supratno, H. (2016). MULTIKULTURAL DALAM NOVEL RELIGI SASTRA INDONESIA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/ed-humanistics/article/view/12

Issue

Section

Artikel